Search for collections on Publications

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN FIOIH KELAS V DI MI MANABIUL ULUM BALONG KEMBANG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ISTIFAIYAH, 131310001471 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN FIOIH KELAS V DI MI MANABIUL ULUM BALONG KEMBANG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 131310001471_COVER.pdf]
Preview
Text
131310001471_COVER.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of 131310001471_BAB I.pdf]
Preview
Text
131310001471_BAB I.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 131310001471_BAB II.pdf]
Preview
Text
131310001471_BAB II.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 131310001471_BAB III.pdf]
Preview
Text
131310001471_BAB III.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 131310001471_BAB IV.pdf]
Preview
Text
131310001471_BAB IV.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 131310001471_BAB V.pdf]
Preview
Text
131310001471_BAB V.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 131310001471_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310001471_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fiqih kelas V di MI Manabiul Ulum Balong Kembang Jepara tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang timbul dalam penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fiqih kelas V di MI Manabiul Ulum Balong Kembang Jepara tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dimaksudkan hanya dengan membuat deskripsi atau narasi dari suatu fenomena, tidak untuk mencari hubungan antar variabel, ataupun menguji hipotesis dan dalam menganalisis data menggunakan triangulasi dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih kelas V di MI Manabiul Ulum Balong Kembang Jepara dinilai sudah baik. Guru melakukan pembelajaran fiqih dengan tujuan menjadikan generasi Islam yang berakhlaqul karimah serta meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, keimanan, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut seperti tujuan dan visi yang di emban MI Manabiul Ulum Balong Kembang Jepara. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri.
Penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fiqih kelas V di MI Manabiul Ulum Balong Kembang Jepara sudah berjalan dengan baik, mulai dari persiapan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi pembelajaran sudah berjalan melalui tahapan-tahapan yang ada dalam model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.. Peserta didik dengan segala potensi yang dimilikinya dimungkinkan untuk menemukan sendiri pengalaman baru selama pembelajaran sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya, anggota keluargannya serta masyarakat.
Hasil penelitian ini semoga dapat dipergunakan sebagai bahan rujukan untuk memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:26
Last Modified: 09 Jun 2022 04:26
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item
View Item