ISTIANAH, 131310001429 (2017) PENGARUH MOTIVASI DAN INTENSITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV DAN V MI MANAHIJUL ULUM PLAOSAN CLUWAK PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.
131310001429_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001429_BAB 1.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
131310001429_BAB 2.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
131310001429_BAB 3.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
131310001429_ BAB 4.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
131310001429_BAB 5.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
131310001429_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas IV dan V MI Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati tahun pelajaran 2016/2017. (2) Mendeskripsikan intensitas belajar di rumah pada mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas IV dan V MI Manahijul Ulum Plaosan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati tahun pelajaran 2016/2017. (3) Mengetahui hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV dan V MI Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati tahun pelajaran 2016/2017. (4) Mengetahui pengaruh motivasi dan intensitas belajar di rumah terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV dan V MI Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati tahun pelajaran 2016/2017.
Judul penelitian ini terdiri atas 3 (tiga) variabel yaitu motivasi sebagai variabel bebas pertama (atau variabel X1), intensitas belajar di rumah sebagai variabel bebas kedua (variabel X2) dan hasil belajar Fiqih sebagai variabel terikat (variabel Y). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan tes. Observasi untuk mengumpulkan data motivasi, angket untuk mengumpulkan data intensitas belajar di rumah, sedangkan tes untuk mengumpulkan data hasil belajar. Populasinya adalah siswa MI Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 103 orang, karena banyak maka diambil sampel secara classter hanya pada siswa kelas IV dan V sebanyak 22 orang.
Analisis data mengunakan teknik statistik dengan rumus regresi ganda/dua prediktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1). Motivasi belajar siswa kelas IV dan V MI Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah cukup. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata skor hasil observasi pada saat pembelajaran Fiqih sebesar 32,5 berarti berada pada kategori cukup, karena berada pada nilai interval yang berjarak 27– 34. (2) Intensitas belajar di rumah pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas IV dan V MI Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah cukup. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata skor hasil angket yang dijawab oleh para responden sebesar 33,68 berarti berada pada kategori cukup, karena berada pada kelas interval yang berjarak 27 – 34. (3) Hasil belajar Fiqih siswa kelas IV dan V MI Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata skor hasil tes tertulis yang diujikan sebesar 73,91 berarti berada pada kategori baik karena berada pada nilai interval yang berjarak 70 – 79. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan intensitas belajar di rumah dengan hasil belajar Fiqih siswa kelas IV dan V MI Manahijul Ulum Plaosan Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil analisis dengan rumus regresi ganda
menunjukkan taraf signifikansi pada taraf 5% maupun 1%. Di mana besarnya Freg yaitu 8,60 kemudian dibandingkan dengan Ftabel dengan df = 2 : 19, pada taraf signifikansi 1% = 5,93 dan taraf signifikansi 5% = 3,52. Jadi Freg > F tabel. Selain itu ditemukan pula Rdeterminasi sebesar 44%, artinya motivasi belajar dan intensitas belajar di rumah berpengaruh positif kurang lebih sebesar 44%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Intensitas Belajar Di Rumah Dan Hasil Belajar Fiqih. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:26 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 04:26 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3539 |