IRODATUL KHOLILAH, 131310000777 (2017) STUDI ANALISIS KONSEP PENDIDIKAN PESANTREN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAMI MENURUT Dr. H. ISKANDAR ENGKU, M.A. DAN SITI ZUBAIDAH, M.Ag. Skripsi thesis, UNISNU.
131310000777_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000777_BAB I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
131310000777_BAB II.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
131310000777_BAB III.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
131310000777_BAB IV.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
131310000777_BAB V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
131310000777_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Pesantren yang merupakan “Bapak” dari pendidikan Islami di Indonesia, didirikan karena adanya tuntutan dan kebutuhan zaman. Hal ini bisa dilihat dari perjalanan sejarah, dimana pesantren dilahirkan atas kesadaran kewajiban dakwah Islamiah, yakni menyebarkan dan mengembangkan ajaran Islam, sekaligus mencetak kader-kader ulama atau da’i.
Peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut : Bagaimana konsep pendidikan pesantren dan relevansinya dengan pendidikan Islami menurut Dr. H Iskandar Engku, M.A Dan Siti Zubaidah, M.Ag?. Bagaimana penerapan metode pendidikan pesantren dan relevansinya dengan pendidikan Islami menurut Dr. H Iskandar Engku, M.A Dan Siti Zubaidah, M.Ag?. Bagaimana analisis konsep pendidikan pesantren dan relevansinya dengan pendidikan Islami menurut Dr. H Iskandar Engku, M.A Dan Siti Zubaidah, M.Ag?.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui analisis konsep pendidikan pesantren dan relevansinya dengan pendidikan Islami menurut Dr. H Iskandar Engku, M.A Dan Siti Zubaidah, M.Ag.
Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu dengan cara dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jeapara, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Dr. H Iskandar Engku, M.A Dan Siti Zubaidah, M.Ag.
Hasil penelitian menunjukkan analisis konsep tentang pendidikan pesantren dan relevansinya dengan pendidikan Islami, pondok pesantren merupakan representasi pendidikan Islami dan pendidikan pesantren relevan dengan pendidikan Islami. Pendidikan pesantren untuk saat ini masih relevan dilihat dari pendidikan Islami dengan catatan lembaga pendidikan Islami terbentuk pesantren harus mampu menyesuaikan dengan pendidikan moderen yang relatif efektif dan efisien tanpa meninggalkan tujuan umum dan pendidikan itu sendiri.
Dari paparan peneliti diatas jelas bahwa Pendidikan pesantren merupakan representasi pendidikan Islami dan pendidikan pesantren relevan dengan pendidikan Islami dan bisa dikatakan representasi sistem pendidikan Islami untuk saat sekarang dengan melihat bahan ajar yang disajikan dan tujuan umum dari pendidikan. Pesantren juga berkewajiban mendarmabaktikan peran dan fungsi dan potensi yang dimiliki guna memperbaiki kehidupan serta memperkokoh pilar-pilar eksistensi masyarakat demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang adil, beradab, sejahtera, dan demokratis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Pesantren dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islami |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:18 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 04:18 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3537 |