IRA AFIFATUNNIKMAH, 131310000776 (2017) APLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DALAM NOVEL “SEKOLAHKU BUKAN SEKOLAH” KARYA MAIA ROSYIDA. Skripsi thesis, UNISNU.
131310000776_ COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000776_BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
131310000776_BAB II.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
131310000776_BAB III.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
131310000776_BAB IV.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
131310000776_BAB IV.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
131310000776_BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
131310000776_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research), yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama yang dimaksudkan untuk menggali teori-teori dasar dan konsep-konsep yang telah ditemukan oleh para ahli tertentu. Metode dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam metode kualitatif sendiri percaya bahwa kebenaran adalah dinamis dan dapat ditemukan hanya melalui penelaahan terhadap orang-orang melalui interaksinya yang situasi sosial mereka.
Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan analisis, yaitu pendekatan yang berusaha memahami gagasan, cara pandang, cara pengarang menampilkan gagasan atau mengimajinasikan ide-idenya. Untuk sumber data, penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Dan untuk metode analisis data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memaparkan gambaran mengenai hal-hal yang diteliti dalam bentuk uraian naratif, dalam hal ini subjek penelitian yang dikaji adalah novel Sekolahku Bukan Sekolah karya Maia Rosyida, Content Analisys, yaitu usaha untuk mengungkapkan isi buku. Dalam hal ini, Content Analisys merupakan metode untuk mengungkapkan isi pesan dalam suatu buku. Metode analisis ini dilakukan dengan mengumpulkan dokumen-dokumen yang padat isi. Metode ini sangat tepat sekali untuk mengetahui karangka berfikir Maia Rosyida yang tertuang dalam novel Sekolahku Bukan Sekolah yang selanjutnya dicari atau nilai-nilai yang terkandung dalam novel tersebut. Metode interpretatif, dalam metode ini digunakan penulis untuk memahami maksud yang terkandung dalam buku dengan cara penafsiran yang terencana dan cermat yang bisa dipahami dan dimengerti.
Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa novel tidak hanya sebagai bahan bacaan sampingan saja, akan tetapi novel juga dapat dijadikan sebagai metode dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran PAI. Yaitu dengan adanya unsur cerita yang ada pada novel Sekolahku Bukan Sekolah yang merupakan salah satu novel karya Maia Rosyida yang kaya akan nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi para pembacanya. . Diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan.M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Novel Sekolahku Bukan Sekolah, Maia Rosyida. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 800 Kesusastraan > 813 Fiksi Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:31 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 03:31 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3536 |