INDAH MULYANA, 131310001663 (2017) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PROBLEM KENAKALAN SISWA DI SMP N 1 PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.
131310001663_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001663_BAB 1.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
131310001663_ BAB II.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
131310001663_BAB III.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
131310001663_BAB IV.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
131310001663_BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
131310001663_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Masalah kenakalan siswa. (2). Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan sisswa. (3). Peran Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP N 1 Pakis Aji Jepara.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode deskriptif. Peneliti menggambarkan bagaimana kenakalan siswa yang terjadi, termasuk juga faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa, serta peran Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan sisswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Wawancara dengan guru PAI, BK, dan siswa SMP N 1 Pakis Aji Jepara. Setelah data terkumpul data diolah dengan metode induktif. Data-data diolah kemudian disimpulkan sehingga menjadi kesimpulan umum yang menggambarkan kenakalan di SMP N 1 Pakis Aji Jepara, termasuk masalah kenakalan siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa dan peran Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP N 1 Pakis Aji Jepara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenakalan yang dilakukan dilingkungan sekolah termasuk kenakalan yang wajar, tetapi dilingkungan luar sekolah termasuk tidak baik. Sehingga perlu adanya pemecahan dalam mengatasi masalah ini. Kerja sama pihka sekolah dan keluarga perlu dijalin. Penegakan disiplin sekolah perlu ditegakkan, tauladan dari guru perlu dibuktikan, serta peran masyarakat yang mendukung untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan religius, untuk membentuk kepribadian keagamaan siswa. Peran dari orang tua sangat berpengaruh pada kepribadian siswa.
Pendidikan agama selalu dibutuhkan dan digunakan karena nilai-nilai pendidikan agama dan penciptaan suasana yang sesuai dengan nilai-nilai agama adalah alat yang ampuh untuk membentengi para remaja yang jatuh ke jurang kenakalan yang membehayakan. Demikian juga peran sekolah dan keluarga yang dalam hal ini adalah orang tua. Dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini, memberi tauladan yang baik. Karena pendidikan dari orang tua menjadikan penentu kepribadian siswa. Sehingga menginjak usia remaja, penyimpangan-penyimpangan terhadap norma bisa dihindari. Didukung dengan peran Pendidikan Agama Islam di sekolah menjadi asumsi pembentukan kepribadian keagamaan siswa. Sekolah sebagai tempat pengetahuan dan pembentukan kepribadian siswa yang harus bertanggung jawab dalam mengemban siswa.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan, khusunya bagi SMP N 1 Pakis Aji Jepara sebagai tempat penelitian dan bagi pihak-pihak yang membutuhkan khususnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah UNISNU Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Permasalahan dan Layanan Sosial > 362.7 Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 02:58 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 02:58 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3534 |