STUDI ANALISIS HYPNOPARENTING ISLAMI DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK BERKARAKTER POSITIF (Kajian Buku Hypnoparenting Islami Mendidik Anak Berbasis Qur’ani Karya Henny Puspitarini)

ILLA NUR SIKHA, 131310000770 (2017) STUDI ANALISIS HYPNOPARENTING ISLAMI DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK BERKARAKTER POSITIF (Kajian Buku Hypnoparenting Islami Mendidik Anak Berbasis Qur’ani Karya Henny Puspitarini). Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000770_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000770_BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000770_BAB II.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000770_BAB III.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000770_BAB IV.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000770_BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000770_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian jenis library research (penelitian
kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menitikberatkan
pada bagian konseptual berupa butir-butir pemikiran dan bagaimana pemikiran itu
disosialisasikan. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
metode content analisys (analisis kandungan pemikiran) dan metode analisis
deskriptif dengan pendekatan deduktif dan induktif. Dalam ha! ini, yang akan
diuraikan adalah hypnoparenting Islami dalam membentuk perilaku anak
berkarakter positif menurut Henny Puspitarini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mendidik anak (parenting)
merupakan tugas dari orang tua. Setiap orang tua harus mendidik anaknya dengan
sebaik mungkin. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan hypnoparenting
Islami yakni memberikan sugesti-sugesti positif kepada anak. Sebelum melakukan
hypnoparenting orang tua harus mengetahui tahapan psikoedukasi anak atau
pendidikan psikologis pada anak: Hypnoparenting Islami adalah seni mendidik
anak dengan komunikasi verbal rhatipun nonverbal yang sangat efektif, sehingga
setiap perkataan dan nasehat yang kita berikan kepada anak akan didengar dan
disimpan dipikiran bawah sadar anak sampai ia dewasa. Orang tua yang berhasil
menanamkan nilai-nilai kebajikan (karakter) di pikiran bawah sadar anak, akan
membuat anak terjaga sampai kelak ia dewasa nanti. Karena pikiran bawah sadar
merupakan long term memory (memori jangka panjang) sehingga apapun yang
disimpan di dalam pikiran bawah sadar akan menjadi dari bagian seorang anak.
Tentunya dengan menggunakan metode hypnoparenting Islami yang benar dan
sesuai dengan syariat Islam. Tahapan dalam menerapkan hypnoparenting yaitu
melakukan komunikasi atau bercerita terlebih dulu, ketika berkomunikasi
menggunakan kalimat positif dan sentuhan yang membuat anak nyaman, bila
perlu berikan pujian terhadap anak, kemudian berikan sugesti positif yang
membangun dan sebaiknya dilakukan berulang. waktu-waktu yang tepat untuk
melakukan hypnosis pada anak yaitu seperti pada saat mengajak anak berdoa, saat
anak bermain, saat anak makan, melalui dongeng dan saat belajar. Dengan
demikian diharapkan agar anak mamiliki perilaku-perilaku yang baik dan nantinya
perilaku tersebut akan terbentuk menjadi sebuah karakter positif yang dimiliki oleh anak, seperti karakter mandiri, tanggung jawab, cinta damai, bersahabat,
jujur, kreatif, disiplin, toleransi, rasa ingin tahu, peduli sosial, peduli lingkungan,kerja keras serta religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sadullah Assaidi,m.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hypnoparenting Islami, Perilaku Anak, Karakter Positif
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:35
Last Modified: 09 Jun 2022 02:35
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3531

Actions (login required)

View Item View Item