Search for collections on Publications

STUDI ANALISIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM BUKU “MENGGAGAS PENDIDIKAN ISLAM” KARYA PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M.Ag

IKA RAHMAWATI, 131310000768 (2017) STUDI ANALISIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM BUKU “MENGGAGAS PENDIDIKAN ISLAM” KARYA PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M.Ag. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 131310000768_ COVER.pdf]
Preview
Text
131310000768_ COVER.pdf - Published Version

Download (928kB) | Preview
[thumbnail of 131310000768_ BAB I.pdf]
Preview
Text
131310000768_ BAB I.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 131310000768_ BAB II.pdf]
Preview
Text
131310000768_ BAB II.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 131310000768_ BAB III.pdf]
Preview
Text
131310000768_ BAB III.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 131310000768_ BAB IV.pdf]
Preview
Text
131310000768_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 131310000768_ BAB V.pdf]
Preview
Text
131310000768_ BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 131310000768_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000768_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia sampai sekarang tetap memberikan kontribusi penting di bidang social keagamaan. Pesantren merupakan “Bapak” dari pendidikan islam di indonesia, didirikan karena adanya tuntutan dan kebutuhan zaman. Hal ini bisa di lihat dari perjalanan sejarah, dimana pesantren dilahirkan atas kesadaran kewajiban dakwah islamiyah, yakni menyebarkan dan mengembangkan ajaran islam, sekaligus mencetak kader-kader ulama atau da’i, selain itu pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam mengalami perkembangan bentuk sesuai dengan perubahan zaman, terutama adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pesantren juga telah memberikan tanggapan positif terhadap pembangunan nasional dalam bidang pendidikan. Bagi masyarakat Indonesia, termasuk pondok pesantren merupakan suatu keharusan. Sebab untuk mencapai kemajuan masyarakat harus di penuhi prasyarat yang diperlukan. Dalam hal ini pondok pesantren sebagai agen pengembangan masyarakat, sangat di harapkan mempersiapkan sejumlah konsep pengembangan sumber daya manusia, baik untuk peningkatan kualitas pondok pesantren maupun untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui beberapa pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. tentang studi analisis pengembangan pendidikan pesantren, dan bagaimana tujuan pesantren sebagai pengembangan pendidikan pesantren . Data dari penelitian ini diperoleh melalui pengumpulan data, maka dalam penganalisaannya penulis menggunakan kajian pustaka, maka kajian pustaka dimulai dengan pelaksanaan kepustakaan. Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peningkatan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan Islam dalam kehidupan, Secara spesifik beberapa pesantren yang tergabung dalam forum pesantren merumuskan beragam tujuan pendidikan, tujuan utama dari didirikannya pondok pesantren ini sejak pertama kali adalah untuk membentuk karakter pada santri yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berpengetahuan dan berwawasan luas, serta memiliki jiwa yang peka terhadap kondisi masyarakat di lingkungannya.
Pengembangan pendidikan pesantren merupakan pendidikan pesantren sangat berperan dalam mengembangkan akhlak dan mental masyarakat untuk menghasilkan manusia yang berbudi tinggi, mengetahui nilai-nilai yang berhubungan dengan manusia, alam, dan tuhan yang merupakan tujuan akhir dari hidup dan kehidupan. Pendidikan agama islam merupakan bagian yang amat penting dalam rangka bimbingan dan pembinaan pada santri agar mampu memahami, menghayati dan mengamalkan agama islam serta menguasai ilmu pengetahuan berdasarkan moral agama, pondok pesantren mempunyai peranan dan fungsi yang telah dimilikinya sejak awal dan perkembangannya, harus diarahkan kepada satu pendirian bahwa pondok pesantren adalah lembaga pendidikan islam guna mencetak ulama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq.M.Ag
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:29
Last Modified: 09 Jun 2022 02:29
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item
View Item