KISMATUN, 161340000004 (2021) PENERAPAN METODE BERCERITA KEPADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK TARBIYATUL ATHFAL PANGGANG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 161340000004_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 161340000004_BAB I.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
3. 161340000004_BAB II.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. 161340000004_BAB III.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
5. 161340000004_BAB IV.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
6. 161340000004_BAB V.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
7. 161340000004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. 161340000004_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
Abstract
Tujuan kegiatan bercerita adalah memberikan informasi tentang nilai-nilai sosial, moral atau keagamaan. Tema dalam kegiatan bercerita dipilihi sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan pada kehidupan anak didalam keluarga, sekolah, atau masayarakat. Metode bercerita anak mendapatkan pengalaman sertaa pengetahuan yang disampaikan melalui cerita secara lisan dan dapat membantu dalam pengembangan dan melatih kemampuan berbahasa
Penelitian ini dilakukan di TK Tarbiyatul Athfal Panggang Jepara. Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana penerapan metode bercerita dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini di kelompok B TK Tarbiyatul Athfal panggang Jepara Tahun Ajaran 2020/2021 dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode bercerita dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini di kelompok B TK Tarbiyatul Athfal panggang Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu siswa dan guru kelompok B TK Tarbiyatul Athfal dan objeknya adalah perkembangan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita. Data yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak meningkat dengan baik dilihat berdasarkan anak didik menyebutkan nama-nama tokoh dan istilah dalam cerita, serta menuliskan kembali apa yang telah didengar dalam cerita. Ada beberapa faktor pendukurng dalam penerapan metode bercerita, yaitu. Pendidik yang berprestasi, lingkungan yang nyaman, sumber belajar yang mudah didapat, dan kemampuan berbahasa yang baik. Selain faktor pendukung ada juga faktor penghambat proses penerapan metode bercerita, yaitu pembagian waktu yang kurang proporsional, pengelolaan kelas yang kurang kondusif, dan evaluasi yang kurang optimal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Khalimatus Sa`diyah, M.Pd.I Pembimbing II : Naili Rohmah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode bercerita, dan Anak usia dini |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.6 Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 08:53 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 08:53 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/352 |