Search for collections on Publications

STUDI ANALISIS TENTANG METODE PENDIDIKAN ISLAMI MENURUT ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI

FITA AMALIA REZKIYANI, 131310000502 (2017) STUDI ANALISIS TENTANG METODE PENDIDIKAN ISLAMI MENURUT ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 131310000502_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000502_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 131310000502_BAB I.pdf]
Preview
Text
131310000502_BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of 131310000502_ BAB II.pdf]
Preview
Text
131310000502_ BAB II.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of 131310000502_BAB III.pdf]
Preview
Text
131310000502_BAB III.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 131310000502_BAB IV.pdf]
Preview
Text
131310000502_BAB IV.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 131310000502_BAB V.pdf]
Preview
Text
131310000502_BAB V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 131310000502_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000502_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Abdurrahman An-Nahlawi merupakan salah satu pemikir muslim dalam pendidikan dalam mengembangkan pendidikan Islam zamannya. Sehubungan dengan itu, penulis ingin menganalisis kembali pandangan-pandangan Abdurahman An-Nahlawi tentang metode pendidikan Islami yaitu: 1). Bagaimana metode pendidikan Islami?, 2). Bagaimana relevansi metode pendidikan menurut Abdurrahman An-Nahlawi pada masa sekarang.
Dalam literatur pendidikan Islam dapat dikemukakan banyak metode mengajar, kalau ia benar-benar menginginkan tujuannya dapat dicapai secara efektif dan efisien, maka penguasaan materi saja tidaklah mencukupi. la harus menguasai berbagai teknik atau metode penyampaian materi dan dapat menggunakan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar, dengan meteri yang diajarkan dan kemampuan anak didik yang menerimanya. Pemilihan metode yang tepat kiranya memang memerlukan keahlian tersendiri. Para pendidik harus pandai memilih dan mempergunakan metode yang akan dipergunakannya. Hal itu dilakukan demi terwujudnya proses pendidikan agar sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan, khususnya pendidikan Islam di Indonesia di era sekrang ini.

Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa metode yang relevan dengan tema kajian diatas diantara lain: 1) metode interpretatif, dan 2) metode analisis deskriptif. Dalam menggali sumber konsep dan bahan-bahan yang dibutuhkan berkaitan dengan pembahasan skripsi ini dan mengingat bidang studi
serta masalah dan fenomena yang ada, maka jenis penelitian yang penulis gunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan pendekatan penelitian library research atau kajian pustaka, yaitu suatu pendekatan dengan menggali informasi bacaan dari buku literature, skripsi, atau lainnya yang memiliki relevansi dengan tema kajian Penulis menggunakan sumber data primer buku “Pendidikan Islam di Rumah sekolah dan Masyarakat karya Abdurrahman An-Nahlawi” dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini. Sesuai dengan sifat dan jenis data yang diperoleh, maka teknik analisa data yang dipergunakan adalah content analysis, yaitu suatu teknik analisa data yang digunakan untuk mengkaji isi atau objek kajian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Muafid. M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:50
Last Modified: 08 Jun 2022 01:50
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item
View Item