Search for collections on Publications

PENERAPAN METODE QIRA’AH DAN KITABAH PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS VII MTs. NURUN NAJAH KEPUK BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi Analisis)

FINA NURUL MAULUDAH, 131310000711 (2017) PENERAPAN METODE QIRA’AH DAN KITABAH PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS VII MTs. NURUN NAJAH KEPUK BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi Analisis). Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 1. 131310000500_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 131310000500_COVER.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview
[thumbnail of 2. 131310000500_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 131310000500_BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 3. 131310000500_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 131310000500_BAB II.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 4. 131310000500_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 131310000500_BAB III.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 5. 131310000500_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 131310000500_BAB IV.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 6. 131310000500_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 131310000500_BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. 131310000500_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 131310000500_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Penerapan metode qira’ah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs. Nurun Najah Kepuk Bangsri Jepara. 2. Penerapan metode kitabah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs. Nurun Najah Kepuk Bangsri Jepara. 3. Faktor yang mempengaruhi penerapan metode qira’ah dan kitabah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs. Nurun Najah Kepuk Bangsri Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif artinya penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenahi keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara variabel-variabel yang ada. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru Al-Qur’an Hadits, siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif.
Penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs. Nurun Najah Kepuk Bangsri Jepara Jepara meliputi: pertama, persiapan meliputi: guru melakukan appersepsi melalui mengucapkan salam, siswa berdo’a, mengabsen siswa, membahas jawaban pekerjaan rumah (PR). Kedua, penerapan metode dengan langkah guru membacakan dan menjelaskan surat dalam materi siswa mendengarkan, guru menyuruh siswa membaca surat al-Kaafirun dan surat al-Maa’un dan menyuruh siswa menjelaskan isi kandungannya. Ketiga pada waktu akhir pembelajaran dengan langkah guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, dan memebrikan pekerjaan rumah (PR).
Penerapan metode kitabah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs. Nurun Najah Kepuk Bangsri Jepara yang dilaksanakan memakai strategi imla’ manqul, karena hal ini dapat dilihat bahwa kitabah atau menulis yang dilaksanakan yaitu guru menulis ayat surat Al Qadr dengan tidak sempurna dalam arti sepotong-sepotong. Dengan tidak sempurna tersebut, siswa disuruh untuk menyempurnakan dengan benar. Setelah menyempurnakan potongan ayat tersebut, kemudian siswa disuruh menulis keseluruhan tanpa melihat tulisan, dalam arti guru membacakan ayat tersebut berulang kali, siswa menulis di buku tulis, guru mengamati tulisan setiap siswa menulis, ketika ada yang keliru guru menjelaskan kesalahan tulisan bukan membenarkan.
Faktor yang mempengaruhi penerapan metode qira’ah dan kitabah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs. Nurun Najah Kepuk Bangsri Jepara. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi meliputi: guru, siswa, metode pembelajaran yang lain dan media pembelajaran. Faktor yang paling besar pengaruhnya dalam penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah berasal dari siswa karena siswa sebagai subyek dan obyek dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Qira’ah, Metode kitabah,Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:47
Last Modified: 08 Jun 2022 01:47
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3495

Actions (login required)

View Item
View Item