STUDI IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs. DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FETY FAJRIATI, 131310000500 (2017) STUDI IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs. DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000500_COVER.pdf - Published Version

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000500_BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000500_ BAB II.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000500_BAB III.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000500_BAB IV.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000500_ BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000500_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: menjelaskan implementasi Strategi inkuiri pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs. Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, untuk menjelaskan faktor penunjang yang mempengaruhi implementasi Strategi inkuiri pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui apa saja hal yang menjadi kendala dan solusi implementasi Strategi inkuiri pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Menurut Bagdan dan Taylor (sebagaimana yang dikutip oleh Lexy J. Moleong), Strategi kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Pelaksanaan atau implementasi Strategi Inkuiri dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam menyampaikan materi atau kegiatan sudah disesuaikan dengan kondisi waktu mengajarnya. Strategi Inkuiri dalam pembelajaran Aqidah Akhlak MTs. Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara merupakan salah satu pendekatan yang telah berhasil meningkatkan peran serta siswa dalam pembelajaran yang berlangsung di kelas.
Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Strategi Inkuiri di MTs. Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara melalui beberapa tahapan. Diantara tahapan tersebut adalah : Perencanaan; Pelaksanaan; Paparan Hasil Belajar; Refleksi; dan Revisi.
Dalam pembelajaran aktif dengan Strategi Inkuiri pada Pembelajaran Aqidah Akhlak, motivasi siswa lebih baik lagi. Mereka mempunyai kemauan untuk belajar, adanya rasa keingintahuan untuk dapat menguasai materi, keaktifan siswa meningkat serta komunikasi antar anggota satu kelompok pun sudah lancar.
Jelaslah bahwa model pembelajaran dengan Strategi Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar serta meningkatkan aktivitas guru maupun siswa. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran aktif dengan Strategi Inkuiri dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 tentunya tidak lepas dari kendala atau permasalahan. Namun semua permasalahan dapat diatasi jika seorang guru lebih mengembangkan diri atau bersikap inovatif dan kreatif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Inkuiri, Pembelajaran Aqidah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:01
Last Modified: 07 Jun 2022 04:01
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3494

Actions (login required)

View Item View Item