EVI MUALIMAH, 131310000755 (2017) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ DI MTS NAHDLATUL FATA PETEKEYAN TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.
131310000755_COVER.pdf - Published Version
Download (861kB) | Preview
131310000755_BAB I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
131310000755_BAB II.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
131310000755_BAB III.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
131310000755_BAB IV.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
131310000755_BAB V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
131310000755_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Penerapan metode quantum teaching dalam pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode quantum teaching dalam pembelajaran aqidah akhlakdi MTs Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara Tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh
berupa hasil wawancara, penemuan dokumentasi dan pengamatan melalui observasi. Penelitian dilakukan dengan analisis diskriptif kualitatif yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian ini dapat diketahui tentang Penerapan metode quantum teaching di Mts Nahdlatul Fata petekeyan Jepara Tahun pelajaran 2017 diimplementasikan dengan banyak cara yaitu: siswa menghafal, membuat ringkasan karya siswa sendiri, mengulang materi kembali untuk pelajaran yang sama tetapi berlainan waktu, serta ada model pembelajaran yang unik yaitu menjodohkan dua kartu. Ada konsekuensi atau hukuman kepada siswa yang melakukan pelanggaran saat pelajaran dengan hukuman praktek ibadah seperti Thowaf, Sa’i dll. Untuk menunjang prestasi belajar siswa di lembaga tersebut juga didukung sarana dan prasarana yang memadai serta guru yang berkompeten di bidangnya, khusus untuk guru PAI harus yang hafal Al-Qur’an 30 Juz dan bisa membaca kitab kuning. Penerapan metode Quantum Teaching di lembaga ini mengadopsi banyak metode untuk dijadikan satu. Untuk evaluasi pembelajaran ada tiga tahap yaitu evaluasi di awal (pre test), di tengah, dan di akhir pembelajaran.
Faktor pendukungnya adalah siswa lebih aktif dalam pembelajaran, antusisme siswa yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran, guru menguasai bidangnya, media pendukung yang digunakan dalam proses pembelajaran, pihak sekolah memfasilitasi sarana dan prasarana yang memadai.
Faktor penghambat dalam proses pembelajaran untuk penerapan metode Quantum Teaching adalah keterbatasan waktu, maksutnya adalah dalam penerapan metode Quantum Teaching membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena faktanya alokasi waktu pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlaq di Mts Nahdlatul Fata hanya 2 Jam pelajaran per minggu. Perbedaan karakter siswa ini merupakan faktor penghambat yang kedua. Yang selanjutnya adalah kurangnya disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran meskipun sudah diberlakukan adanya konskuensi tentang pelanggaran kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Quantum Teaching |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:35 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:35 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3441 |