NUR AZZA FADLILAH, 161340000026 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA DINI DI KB AL MASITHOH SUKOSONO KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161340000026_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161340000026_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161340000026_BAB II.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161340000026_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161340000026_BAB IV.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161340000026_BAB V.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
161340000026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161340000026_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur kemampuan peserta didik sebelum menggunakan media Loose Parts. (2) mengukur kemapuan peserta didik setelah menggunakan media Loose Parts. (3) menguji efektivitas penggunaan media Loose Parts dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design yang bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel bebas (X) yaitu media Loose Parts terhadap variabel terikat (Y) yaitu mengenal bentuk geometri AUD. Peneliti dalam hal ini mengumpulkan dan memperoleh data yang bersumber meliputi dari observasi, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dengan menggunakan media Loose Parts peserta didik aktif dan antusias dalam kegiatan belajar (2) ada peningkatan kemapuan mengenal bentuk geometri ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka sebagaimana pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sample T Test pada nilai post-test terdapat perbedaan antara penggunaan metode pembelajaran menggunakan media Loose Parts dengan metode pembelajaran yang konvensional. Dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada peningkatan kemapuan mengenal bentuk geometri oleh peserta didik KB Al Masithoh Sukosono Kedung Jepara. Oleh karena itu penerapan media pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya dalam mengenal bentuk geometri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Khalimatus Sa’diyah, M.Pd. I. Pembimbing II : Naili Rohmah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media, Loose Parts, Geometri, AUD |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.5 Kesenian dan Pekerjaan Tangan untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 02:40 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/343 |