DIDIK SUNARDI, 131310000398 (2017) KELUARGA SEBAGAI PEMBANGUN UTAMA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK (Kajian Hadits Riwayat Muslim Teori Fitrah). Skripsi thesis, UNISNU.
131310000398_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000398_ BAB I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
131310000398_ BAB II.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
131310000398_ BAB III.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
131310000398_ BAB IV.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
131310000398_ BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
131310000398_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah persoalan yang terjadi di dunia pendidikan sebagai respon terjadinya berbagai bentuk kemrosotan moral (Akhlak) pada anak. Al Qur’an memiliki tuntunan yang mendidik manusia untuk memiliki akhlak yang beradab. Orang tua berperan penting dalam mendidik anak supaya memiliki akhlak yang baik. Sebagai tombak utama membentuk karakter anak, orang tua diwajibkan mampu untuk mengimplementasikan isi kandungan pendidikan karakter dalam Al-qur’an pada anak. Sehingga orang tua tidak menyerahkan semua pendidikan anak hanya disekolah saja. Akan tetapi orang tualah yang paling bertanggung jawab terhadap pendidikan anaknya.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reaserch) yaitu pengumpulan data yang terdapat dalam buku-buku diperpustakaan. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan penyajian datanya dapat dilakukan dengan beberapa sumer yang dipergunakan, yaitu melalui data primer dan data sekunder. Dan menggunakan metode analisis datanya menggunakan metode deduksi, metode induksi dan metode pemaknaan kontekstual.
Konsep pendidikan karakter di Indonesia adalah pendidikan nilai, yakni pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia dalam rangka pembinaan kepribadian generasi muda yang mencakup 3 aspek, yaitu pengetahuan moral (Moral Knowing), sikap moral (Moral Feelling) dan perilaku moral (Moral Acting). Konsep pendidikan karakter menurt pandangan Al Qur’an adalah membentuk karakter akhlak. Akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap manusia dan lingkungan. Nilai-nilai pendidikan karakter yang bersumber dari agama, pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional Indonesia adalah : religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin bersahabat/komunikatif cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab yang seluruhnya harus mengacu pada tiga komponen yaitu moral knowing (pengetahuan moral), moral feeling (merasakan moral) dan moral acting (tindakan moral). Ketiga aspek tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan islam yaitu : aspek jasmani, aspek rohani dan aspek akal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sa'dullah Assa'idi,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Studi Analisis, Pendidikan Karakter, pendidikan karakter menurut pandangan Al Qur’an |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 May 2022 06:25 |
Last Modified: | 30 May 2022 06:25 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3392 |