DEWI SOLICHATUN, 131310000479 (2017) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Analisis Dalam Buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr.ZUBAEDI, M. Ag., M. Pd). Skripsi thesis, UNISNU.
131310000479_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000479_ BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
131310000479_BAB II.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
131310000479_ BAB III.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
131310000479_ BAB IV.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
131310000479_ BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
131310000479_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang ramai dibicarakan orang. Pendidikan karakter menawarkan solusi atas berbagai permasalahan anak bangsa, khususnya dalam degradasi moral. Sekarang ini banyak sekolah yang menerapkan pendidikan karakter dikarenakan melihat realitas sosial saat ini. Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk mengkaji Konsep Pendidikan Karakter Dalam Buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Konsep Pendidikan Karakter Dalam Buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi. (2) Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Dalam Buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi dengan pendidikan saat ini. Penelitian ini bersifat kualitatif, fokus pada pembahasan pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi, menggunakan metode pengumpulan data menggunakan library research, dan content analisys yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi untuk memecahkan atau mencari solusi suatu permasalahan. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter dalam buku Desain Pendidikan Karakter Karya Dr. Zubaedi merupakan konsep pendidikan yang mencakup pembelajaran sosial dan emosional, pengembangan pengetahuan atau penalaran moral, pendidikan keterampilan hidup, pendidikan kesehatan, pencegahan, kekerasan, pemikiran kritis, penalaran etika, resolusi, dan mediasi konflik.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Muafid, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 May 2022 06:24 |
Last Modified: | 30 May 2022 06:24 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3390 |