DEWI SETIARINI, 131310001513 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS III MI MATHOLI’UL HUDA BANTRUNG BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.
131310001513_COVER.pdf - Published Version
Download (951kB) | Preview
131310001513_BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
131310001513_ BAB II.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
131310001513_BAB III.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
131310001513_BAB IV.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
131310001513_BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
131310001513_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak melalui strategi pembelajaran Students Teams Achievement Teams Division (STAD) pada siswa kelas III (2) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Students Teams Achievement Teams Division (STAD) pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas III (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan strategi pembelajaran Students Teams Achievement Teams Division (STAD) dalam upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak melalui strategi pembelajaran STAD pada siswa kelas III MI Matholi’ul Huda Bantrung Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat berjalan dengan lancar. (1) Dalam proses peningkatan hasil belajar, dilakukan dalam 3 siklus. Terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Dari data awal sebelum adanya tindakan penelitian (pra siklus) menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 57% dengan rata-rata nilai 65,2. Berdasarkan data yang diperoleh dari observasi hasil belajar siswa pada siklus I masih dibawah indikator ketercapaian sebesar 75% , hasil yang diperoleh hanya mencapai 71% dengan rata-rata nilai 73,6. Maka dari itu, masih diperlukan adanya perbaikan pada tindakan yang dilaksanakan pada siklus II. Dengan adanya tindak lanjut pada siklus II menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang cukup signifikan yakni ketuntasan hasil belajar yang diperoleh mencapai 86% dengan rata-rata nilai 79. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. (2) Telah melaksanakan semua langkah-langkah strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), yaitu : Membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 orang siswa secara heterogen, guru menyajikan pembelajaran, guru memberikan tugas untuk dikerjakan secara kelompok, anggota yang sudah mengerti bertugas menjadi tutor sebaya menjelaskan kepada teman lain dalam kelompok yang belum mengerti. Guru memberikan kuis untuk setiap individu, dalam menjawab kuis tidak diperkenankan untuk saling membantu, guru memberikan evaluasi dan kesimpulan. (3) Kelebihan yang ditemukan antara lain: dengan menerapkan strategi Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan potensi yang dimiliki siswa. Seperti keberanian dalam bertanya dan mengemukakan pendapat. Siswa dilatih menjadi tutor sebaya yang dapat membantu teman lain yang belum memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Melatih kerjasama siswa dalam tim menjadi lebih baik, siswa lebih menghargai perbedaan yang terdapat pada teman yang lain. Dan yang paling penting adalah siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Kemudian, kekurangan yang ditemukan dalam penerapan strategi Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran aqidah akhlak disini adalah penerapan strategi ini memerlukan waktu yang relatif lebih lama dan tidak dapat ditempuh dalam satu kali pertemuan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Student Teams Achievement Division (STAD) |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 May 2022 06:20 |
Last Modified: | 30 May 2022 06:20 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3389 |