NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL “COGITO ALLAH SUM” KARYA LALU MOHAMMAD ZAIN

DEWI NUR LATIFAH, 131310000742 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL “COGITO ALLAH SUM” KARYA LALU MOHAMMAD ZAIN. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000742_COVER.pdf - Updated Version

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000742_ BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000742_BAB II.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000742_BAB III.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000742_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000742_BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000742_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Novel Cogito Allah Sum Karya Lalu Mohammad Zain. 2) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Novel Cogito Allah Sum Karya Lalu Mohammad Zain dengan tujuan pendidikan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (Library Research), yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama yang dimaksudkan untuk menggali teori-teori dasar dan konsep-konsep yang telah ditemukan oleh para ahli tertentu. metode dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam metode kualitatif sendiri percaya bahwa kebenaran adalah dinamis dan dapat ditemukan hanya melalui penelaahan terhadap orang-orang melalui interaksinya dengan situasi sosial mereka.
Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan analisis, yaitu pendekatan yang berusaha memahami gagasan, cara pandang, cara pengarang dalam menampilkan gagasan-gagasannya, elemen instrinsik dan mekanisme hubungan dari setiap elemen instrinsik itu sehingga mampu membangun keselarasan dan kesatuan dalam rangka membangun totalitas bentuk maupun maknanya. Untuk sumber data, penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Dan untuk metode analisis data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memaparkan gambaran mengenai hal-hal yang diteliti dalam bentuk uraian naratif.
Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa novel tidak hanya sebagai bahan bacaan sampingan saja, akan tetapi novel juga dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran, khusunya pembelajaran PAI. Yaitu dengan adanya unsur cerita yang ada pada novel Cogito Allah Sum yang kaya akan nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi para pembacanya.
Dari hasil analisis penulis, terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Cogito Allah Sum, yaitu 1) Nilai Aqidah, 2) Nilai Syariah, 3) Nilai Akhlak.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs Maswan.M.M.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Novel Cogito Allah Sum, Lalu Mohammad Zain
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
800 Kesusastraan > 813 Fiksi Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 May 2022 06:18
Last Modified: 30 May 2022 06:18
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3388

Actions (login required)

View Item View Item