Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI PELAKSANAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL UNTUK MENCAPAI STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN STUDI DI MADRASAH TSANAWIYAH QUDSIYYAH KUDUS

AHMAD AUNUR ROFIQ, 131310001675 (2018) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL UNTUK MENCAPAI STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN STUDI DI MADRASAH TSANAWIYAH QUDSIYYAH KUDUS. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 131310001675_COVER.pdf]
Preview
Text
131310001675_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 131310001675_BAB I.pdf]
Preview
Text
131310001675_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 131310001675_BAB II.pdf]
Preview
Text
131310001675_BAB II.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 131310001675_BAB III.pdf]
Preview
Text
131310001675_BAB III.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 131310001675_BAB IV.pdf]
Preview
Text
131310001675_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 131310001675_BAB V.pdf]
Preview
Text
131310001675_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310001675_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310001675_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah : Skripsi ini membahas implementasi kurikulum muatan lokal untuk mencapai standar kompetensi kelulusan study di MTs Qudsiyyah Kudus. Kajiannya dilatar belakangi oleh sejak pemberlakuan SKB tiga menteri sehingga porsi pendidikan agama semakin berkurang, sehingga muncul pengembangan dan inovasi untuk menambah pengetahuan agama. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana implementasi kurikulum muatan lokal untuk mencapai standar kompetensi kelulusan di MTs Qudsiyyah Kudus? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum muatan lokal untuk mencapai standar kompetensi kelulusan di MTs Qudsiyyah Kudus? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kualitatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum muatan lokal untuk mencapai standar kompetensi kelulusan di MTs Qudsiyyah Kudus mencakup mata pelajaran yaitu Tafsir Al Qur’an, Hadits, Fiqih, Tauhid, Nahwu, Sharaf, Ilmu Falak, Ilmu Zej, Ilmu Faraidl, Badi’ Bayan, Ma’ani, Musthalah Hadits, Insya’, Usul Fiqih. Dalam proses pembelajaran terdapat tiga tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, resitasi, dekte dan hafalan. (2) Faktor pendukung antara lain : Ketersediaan Sumber daya manusia yang memadai, dukungan pemerintah dalam bidang pendidikan, lingkungan yang mendukung dan religius, kompetensi Guru pengampu yang mumpuni pada bidangnya, Pimpinan Madrasah dan Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah Kudus. sedangkan faktor penghambat antara lain keterbatasan alokasi waktu yang diberikan, banyaknya mata pelajaran muatan lokal, masih minimnya media/fasilitas/alat penunjang pembelajaran muatan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Untuk Mencapai Standar Kelulusan
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 May 2022 03:03
Last Modified: 12 May 2022 03:03
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item
View Item