FITRIATUL KHASANAH, 131310000760 (2018) STRATEGI MADRASAH DALAM MEMBANGUN AKHLAK SISWA (Studi Kasus Di MI Manabiul Ulum Balong Kembang Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi thesis, UNISNU.
1.131310000760_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2.131310000760_BAB I.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
3.131310000760_BAB II.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4.131310000760_BAB III.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5.131310000760_BAB IV.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6.131310000760_BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7.131310000760_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah merosotnya moral/akhlak peserta didik yang disebabkan oleh gencarnya arus globalisasi. Hal ini menyebabkan bergesernya kebudayaan luhur bangsa indonesia oleh kebudayaan asing yang kurang mendidik. Kenakalan remaja pun, khususnya yang dilakukan pelajarsemakin meningkat mulai dari perilaku menyimpang yang ringan sampai yang berat. Tentu hal ini menjadi tanggung jawab bagi semua pihak mulai dari keluarga, lingkungan sekolah serta pengawasan dari pemerintah untuk segera mencari jalan atas permasalahan akhlak remaja tersebut. Karena sejatinya puncak dari pendidikan adalah peningkatan kualitas iman dan taqwa individu kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya yang dilakukan sekolah dalam rangka pendidikan akhlakul karimah siswa di MI Manabi’ul Ulum Balong Kembang Japara. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan peserta didik dimana sekolah harus memiliki upaya khusus dalam rangka pendidikan membangun akhlak siswa. Proses pembelajaran ini dapat dimasukkan di dalam proses pembelajaran maupun berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
Strategi madrasah dalam membangun akhlak tersebut dibahas melalui strudi lapangan yang dilakanakan di MI Manabiul Ulum Balong kembang Japara. Lembaga tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana madrasah melakukan pembelajaran yang berhubungan dengan akhlak siswa. Datanya diperoleh dengan cara observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian berupa tehnik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata gambar dan buku angka.
Hasil penelitian tentang strategi madrasah dalam membangun akhlak siswa di MI Manabiul Ulum Balong Kembang Jepara menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan program pendidikan di MI Manabiul Ulum Balong Kembang Jepara berjalan dengan baik. Kegiatan pembelajaran dimulai pukul 07.00-11.45 WIB dengan diawali pembacaan Asmaul Khusna dan pembacaan surat-surat pendek kemudian berjalan pembelajaran seperti biasa. Kemudian jam 12.00 dilanjutkan sholat dzuhur berjamaah setelah itu dilanjutkan pulang kerumah masing- masing. (2) proses pembelajaran dalam membangun akhlak siswa di MI Manabiul Ulum Balong Kembang Jepara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara garis besar, strategi madrasah dalam membangun akhlak siswa meliputi integrasi nilai-nilai iman dan taqwa kedalam visi dan misi sekolah, tujuan sekolah dan proses pembelajaran, integrasi nilai iman dan taqwa kedalam mata pelajaran non PAI, kegiatan ekstrakurikuler berwawasan iman dan taqwa, adanya school culture yang menunjang iman dan taqwa, serta menjalin hubungan antara pihak sekolah dengan orang tua dan masyarakat. Berjalannya pendidikan dalam membangun akhlak siswa merupakan tanggung jawab semua pendidik tanpa terkecuali dengan pengawasan secara kesinambungan.
Berdasarkan penelitian tersebut, madrasah diharapkan mampu untuk mempertahankan segala bentuk upaya pendidikan akhlak terhadap siswa. Disamping itu, sekolah juga dituntut untuk meningkatkan level pembinaan akhlak siswa mengingat globalisasi yang sangat gencar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, MM |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 May 2022 03:02 |
Last Modified: | 12 May 2022 03:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3348 |