RUSIYANTO, 172610000498 (2018) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI NU TARBIYATUL ISLAM LORAM WETAN KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU.
172610000498_COVER.pdf - Published Version
Download (952kB) | Preview
172610000498_BAB I Watermark.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
172610000498_BAB II Watermark.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
172610000498_BAB III Watermark.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
172610000498_BAB IV Watermark.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
172610000498_BAB V Watermark.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
172610000498_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut pendidikan karakter di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus? (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan karakter di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan (field research) yang dilaksanakan di MI NU Tarbiyatul Islam. Tempat tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen pendidikan karakter. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dan dicek secara berkala dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dalam pendidikan karakter di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus yakni madrasah mempunyai rencana dan kegiatan yang dapat mendukung dalam penanaman pendidikan karakter, dimulai dari pengarahan dan jadwal kegiatan yang sudah ditetapkan dan arahan guru dan contoh-contoh perilaku atau sikap yang baik. Karena dengan adanya contoh tersebut siswa akan senantiasa mengikuti apa yang telah diarahkan oleh guru. Mengenai pelaksanaan pendidikan dalam membentuk karakter siswa ini tidak hanya terjadi di kelas tetapi di luar kelas. Siswa-siswa kami sedikit demi sedikit bisa mengkolaborasi dan kerjasama dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Mengambil informasi dan mengikuti contoh-contoh perilku baik yang terkandung dalam materi pembelajaran. Sertra menanamkan 18 nilai-nilai karakter yang teah ditekankan. Adapun evaluasinya melalui pengamatan guru kelas masing-masing terkait karakter dan perilaku yang dilakukan oleh siswa, selain itu evaluasi tersebut diupayakan sebagai perbaikan akhlak atau perilaku siswa sebagai penanaman perilaku baik kepada siswa. Sedangkan tindak lanjutnya yakni apabila setelah dievaluasi dari rencana yang sudah dilakukan apakah ada perubahan baik bagi siswa maka planning tersebut dijalankan dengan kebersamaan dengan semua dewan guru agar siswa tertanam jiwa yang baik dan mampu berperilaku baik. (2) Faktor yang mempengaruhi dalam pendidikan karakter di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus yaitu pentingnya belajar memahami sikap ini agar siswa dapat memberikan manfaat dan mengambil contoh baik dari sikap yang dilakukan. Adanya nilai kebersamaan dan kerjasama antar teman saat ada tugas, nilai kedisiplinan dalam berbagai hal, nilai kejujuran dan kebersamaan apabila interaksi dengan teman atau orang lain, nilai persatuan dengan teman-teman di kelasnya, nilai kerukunan, nilai kesopanan terhadap semua orang dan nilai kebersamaan dalam menjunjung kreatifitas atau ketika ada tugas kelompok. Nilai-nilai tersebut dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari agar karakter siswa dapat terbentuk dengan sikap atau perilaku baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Sadullah Assaidi,M.Ag Pembimbing II : Dr. H.Mashudi,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 May 2022 02:45 |
Last Modified: | 12 May 2022 02:45 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3345 |