MUHAMMAD AMRUL HAKIM, 131310000387 (2018) POLA PENDEKATAN PEMBELAJARAN HUMANISTIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AHLAK KELAS IX MTS AL MUTTAQIN RENGGING PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU.
131310000387_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000387_BAB I.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
131310000387_BAB II.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
131310000387_BAB III.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
131310000387_BAB IV.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
131310000387_BAB V.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
131310000387_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Pelaksanaan Pola Pendekatan pembelajaran Humanistik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX MTs. Al Muttaqin Rengging Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Pelaksanaan Pola Pendekatan pembelajaran Humanistik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX MTs. Al Muttaqin Rengging Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Pola Pendekatan pembelajaran Humanistik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX MTs. Al Muttaqin Rengging Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2017/2018.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak dan siswa MTs. Al Muttaqin Rengging Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: Pelaksanaan Pola Pendekatan pembelajaran Humanistik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX MTs. Al Muttaqin Rengging Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2017/2018 adalah dengan langkah-langkah, yaitu a) guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, b) guru menyajikan atau mendemonstrasikan materi, c) guru membagi siswa dalam kelompok kecil, d) Memberikan Bimbingan Mental, e) Membimbing siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep baru ke situasi nyata, f) guru memberikan penilaian, dan g) guru memberikan reward. Kelebihan dan kekurangan Pelaksanaan Pola Pendekatan pembelajaran Humanistik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX MTs. Al Muttaqin Rengging Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Kelebihannya yaitu: a) Tumbuhnya kreatifitas siswa, b) Semakin canggihnya teknologi maka akan semakin maju perkembangan pembelajarannya, c) Tugas guru berkurang, d) Mendekatkan satu dengan yang lainnya. Adapun kekurangannya yaitu: a) Pemahaman yang kurang jelas dapat menghambat pembelajaran, b) Kebebasan yang diberikan akan cenderung disalah gunakan, c) Pemusatan pikiran akan berkurang, d) Kecurangan-kecurangan yang semakin menjadi tradisi. Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Pola pendekatan pembelajaran Humanistik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX MTs. Al Muttaqin Rengging Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Adapun Faktor pendukungnya yaitu: a) Lingkungan fisik Sekolah, b) Pergaulan sesama teman yang baik, c) Kedisiplinan Guru dalam mengajar, d) Pembiasaan yang baik. Adapun faktor penghambatnya yaitu: a) Kurang mampu mempunyai sikap sadar diri, b) Kurang mampu mengatur diri, c) Kurang mampu menerima motivasi, d) Kurang Mampu berempati, e) Kurang mampu bersosialisasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Maswan,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Humanistik, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 02:45 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 02:45 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3297 |