Search for collections on Publications

PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. GUPPI BANJARAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUHAMMAD SULURI, 131310000571 (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. GUPPI BANJARAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 131310000571_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000571_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310000571_BAB I.pdf]
Preview
Text
131310000571_BAB I.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 131310000571_BAB II.pdf]
Preview
Text
131310000571_BAB II.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 131310000571_BAB III.pdf]
Preview
Text
131310000571_BAB III.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 131310000571_BAB IV.pdf]
Preview
Text
131310000571_BAB IV.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 131310000571_BAB V.pdf]
Preview
Text
131310000571_BAB V.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 131310000571_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000571_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui bentuk pembelajaran aktif (active learning) siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs. GUPPI Banjaran Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan pembelajaran aktif (active learning) pada mata pelajaran Fiqih di MTs. GUPPI Banjaran Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang yang mempengaruhi penerapan pembelajaran aktif (active learning) pada mata pelajaran Fiqih di MTs. GUPPI Banjaran Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari analisa yang penulis lakukan, dapat disimpulkan hasil sebagai berikut:
Pertama, Bentuk pembelajaran aktif (active learning) pada mata pelajaran Fiqih di MTs. GUPPI Banjaran Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 antara lain adalah diskusi, inkuiri dan pemecahan masalah. Artinya pembelajaran aktif (active learning) dapat diwujudkan melalui penerapan metode yang bervariasi dan yang mendorong peserta didik untuk bekerja secara aktif dan mandiri dalam mencari pengetahuan dan informasi berkaitan dengan materi pelajaran.
Kedua, Langkah-langkah penerapan pembelajaran aktif (active learning) pada mata pelajaran Fiqih di MTs. GUPPI Banjaran Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 terbagi menjadi dua yaitu langkah dalam persiapan atau perencanaan dan langkah dalam pelaksanaan. Langkah-langkah dalam persiapan meliputi: merancang aktivitas siswa, pembentukan kelompok belajar, merencanakan strategi dan metode. Adapun langkah dalam pelaksanaan adalah kegiatan pembelajaran melalui diskusi, inkuiri dan pemecahan masalah. Berdasarkan observasi, langkah-langkah penerapan pembelajaran aktif tersebut belum baik karena belum sesuai dengan teori dengan rincian sebagai berikut: dalam langkah persiapan seharusnya selain membuat perencanaan, guru juga menilai terlebih dahulu potensi masing-masing siswa seperti kapasitas kemampuannya, minat dan motivasinya sehingga aktivitas dan strategi pembelajaran yang dirancangnya sesuai dengan keadaan siswa tersebut. dalam pelaksanaan seharusnya pembagian tugas antara siswa yang dominan atau berkemampuan lebih berbeda dengan siswa yang lamban dalam belajar, hal ini agar masing-masing siswa bekerja sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Kegiatan penutup, meliputi kegiatan evaluasi dari kegiatan pembelajaran aktif yang telah dilaksanakan, namun ternyata karena adanya keterbatasan waktu langkah ini tidak dilaksanakan oleh guru.

Ketiga, Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pembelajaran aktif (active learning) pada mata pelajaran Fiqih di MTs. GUPPI Banjaran Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, meliputi: Faktor Pendukung : persiapan yang matang dari guru, keadaan siswa, dan motivasi dan minat siswa.Faktor penghambat : kurangnya penggunaan media pembelajaran dan kurangnya sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif (Active Learning), Pelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:24
Last Modified: 27 Apr 2022 02:24
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item
View Item