MUHAMMAD UBAIDILLAH, 131310000811 (2018) ANALISIS KODE KEHORMATAN PRAMUKA TINGKAT PENEGAK DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Analisis Tentang Konsep Tri Satya Pramuka Penegak). Skripsi thesis, UNISNU.
131310000811_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000811_BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
131310000811_BAB II.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
131310000811_BAB III.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
131310000811_BAB IV.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
131310000811_BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
131310000811_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep Kode Kehormatan Pramuka dan tujuan Pendidikan Agama Islam. (2) Bagaimana keterkaitan antara Kode Kehormatan Pramuka Tingkat Penegak dan Tujuan Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) yang bertumpu pada kajian dan telaah teks. Hal ini dilakukan karena sumber-sumber data yang digunakan adalah riset pustaka, pengumpulan informasi dari media-media sekaligus memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Dalam hal ini penelitian difokuskan pada studi analisis tentang konsep tujuan Pendidikan Islam melalui kode kehormatan (Tri Satya) Pramuka tingkat Penegak.
Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan beberapa korelasi antara kode kehormatan Pramuka (Tri Satya) tingkat Penegak dengan tujuan pendidikan agama Islam memiliki kesamaan aspek tujuan, yaitu: (1) Aspek tujuan keagamaan, (2) Aspek tujuan berbangsa dan bernegara, (3) Aspek tujuan kehidupan bermasyarakat. Dan selain itu, antara keduanya juga memiliki tujuan yang sama, yaitu: (1) Membentuk manusia yang beriman, bertakwa, dan selalu beribadah kepada Allah SWT. (2) Membentuk manusia yang berorientasi pada dunia, namun juga untuk menacapai kebahgiaan akhirat. (3) Membentuk manusia yang cinta tanah air, dengan mentaati segala aturan dan mendukung program pemerintah. (4) Membentuk manusia Pancasila sejati. (5) Membentuk manusia yang peduli akan kehidupan sesamanya. (6) Terciptanya kehidupan yang harmonis dengan sikap saling tolong menolong. (7) Terciptanya kehidupan yang damai dengan saling menghargai satu sama lain. (8)Kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan tata aturan agama dan pemerintah yang baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan lembaga-lembaga pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan,MM. |
Uncontrolled Keywords: | Kode Kehormatan Pramuka, Tri Satya Penegak, Tujuan Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 02:23 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 02:23 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3292 |