MUTHOLIB, 141310003202 (2018) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL QUR’AN (BTQ) KOMPETENSI KALIGRAFI DI KELAS V MI MASHOLIHUL HUDA KRAPYAK TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU.
141310003202_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003202_BAB I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
141310003202_BAB II.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
141310003202_BAB III.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
141310003202_BAB IV.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
141310003202_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
141310003202_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an BTQ Kompetensi Kaligrafi Di Kelas V MI Masholihul Huda Krapyak Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Metode Observasi, Metode Dokumentasi dan Metode Interview. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.
Di dalam pendidikan agama Islam metode demonstrasi adalah metode yang lebih memahamkan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar dan sebagai seorang pendidik atau guru tidak hanya melaksanakan proses belajar mengajar melalui pemaparan saja akan tetapi bisa diimbangi dengan metode demonstrasi yang lebih mendasarkan pada praktek.
Dalam Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) Kompetensi Kaligrafi Di Kelas V MI Masholihul Huda Krapyak Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019, guru dan peserta didik dituntut lebih aktif dan terlibat langsung sehingga implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) Kompetensi kaligrafi dapat berjalan dengan efektif sesuai dengan target yang diharapkan. Dan guru seharusnya sudah menguasai metode tersebut dalam berbagai mata pelajaran bukan hanya di mata pelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) Kompetensi kaligrafi saja tetapi mata pelajaran agama yang lain ataupun bisa melebar dalam mata pelajaran umum.
Dalam kenyataannya penerapan metode demonstrasi di MI Masholihul Huda Krapyak pada mata pelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) Kompetensi kaligrafi sudah bagus dan peserta didikpun mengikutinya dengan antusias. Hal ini disebabkan karena metode tersebut dilaksanakan dengan cara praktek langsung sehingga pemahaman peserta didik dapat optimal.
Pada akhir penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) Kompetensi kaligrafi di MI Masholihul Huda Krapyak Tahunan Jepara, guru dapat melihat pada anak yang diharapkan dapat berkembang melalui pikir, olahrasa serta olahraga untuk mewujudkan sikap disiplin, akhlak mulia, cerdas dan terampil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 04:06 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 04:06 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3289 |