NI’MATUL LIS INSYIROH, 131310001600 (2018) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DI SD NEGERI 4 KELET KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017(Studi Deskriptif). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310001600_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001600_BAB I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
131310001600_BAB II.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
131310001600_BAB III.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
131310001600_BAB IV.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
131310001600_BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
131310001600_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler Baca Tulis Al- Qur’an di SD Negeri 4 Kelet. Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam khususnya pendidikan baca tulis Al- Qur’an sebagai dasar pedoman hidup. SD Negeri 4 Kelet merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an yang tujuannya adalah agar semua peserta didik mampu membaca serta mampu menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana metode pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler BTA di SD Negeri 4 Kelet Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler BTA di SD Negeri 4 Kelet Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Apa saja kelebihan dan kekurangan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler BTA di SD Negeri 4 Kelet Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Kelet. Untuk mendapatkan data diperoleh dari wawancara terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologi dan analisis deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler BTA di SD Negeri 4 Kelet cukup baik. Metode yang digunakan guru pembina dalam proses pembelajarannya yaitu metode Iqro’ serta metode menyimak dan membaca. Dalam kaitannya dengan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap peserta didik serta peran Kepala sekolah dan Guru BTA dapat memberikan kontribusi yang besar dalam rangka untuk meningkatkan prestasi peserta didik dalam hal Baca Tulis Al-Qur’an dengan tartil serta penulisan ayat- ayat Al-Qur’an agar lebih maksimal. (2) Pada pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler Baca Tulis Al-Qur’an, masih banyak mengalami kendala ataupun hambatan khususnya dari peserta didik. peserta didik mengalami banyak problem, yaitu problem motivasi, guru, metode, waktu, dan lingkungan. Akibatnya, peserta didik kurang maksimal dalam menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru pembina. (3) dari banyaknya hambatan yang ada, maka dari pihak sekolah maupun guru selalu mengusahakan yang terbaik untuk menutupi kekurangan tersebut dengan cara selalu menyemangati peserta didik agar tidak patah semangat, serta melakukan pendekatan-pendekatan yang bisa menjadikan peserta didik merasa nyaman dan senang dalam belajar Baca Tulis Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs.H.Akhirin, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:11 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:11 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3267 |