NI’MATUL UDHMA, 131310000487 (2018) STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS ANTARA PESERTA DIDIK LULUSAN DARI MI DAN PESERTA DIDIK LULUSAN DARI SD DI KELAS VII MTs. WAHID HASYIM BANGSRI-JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310000487_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
131310000487_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
131310000487_BAB II.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
131310000487_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
131310000487_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
131310000487_BAB V.pdf - Published Version
Download (759kB) | Preview
131310000487_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1.) Untuk mengetahui motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas VII yang berasal dari MI di MTs Wahid Hasyim Bangsri Tahun Pelajaran 2017/2018. 2.) Untuk mengetahui motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas VII yang berasal dari SD di MTs Wahid Hasyim Bangsri Tahun Pelajaran 2017/2018. 3.) Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan tentang motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits antara peserta didik kelas VII yang berasal dari MI dan yang berasal dari SD di MTs Wahid Hasyim Bangsri Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasinya adalah seluruh siswa dari kelas VII sampai dengan kelas IX MTs Wahid Hasyim Bangsri tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 245 orang, maka penulis mengambil sempel sejumlah 30 siswa dari kelas VII.
Penelitian ini menggunakan teknik komparasional dengan menggunakan metode observasi.Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Motivasi belajar Al-qur’an Hadits siswa.
Setelah data terkumpul, kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik uji “t”. berdasarkan dari hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII MTs Wahid Hasyim Bangsri Tahun Pelajaran 2017/2018 yang lulusan MI adalah kecil. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean (rata-ratanya) yang diperoleh dari observasi yang dilakukan secara langsung dengan memberikan 4 indikator dengan 5 item mendapatkan hasil 13. (2) Motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII MTs Wahid Hasyim Bangsri Tahun Pelajaran 2017/2018 yang lulusan SD adalah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean (rata-ratanya) yang diperoleh dari observasi yang dilakukan secara langsung dengan memberikan 4 indikator dengan 5 item mendapatkan hasil 15,47 dimana hasilnya lebih tinggi dibandingkan yang lulusan dari MI. (3) ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits antara siswa lulusan dari MI dan lulusan dari SDdi MTs Wahid Hasyim Bangsri tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari hasil melalui penghitungan statistik dengan menggunakan rumus komparasional tes “t”, dimana hasil to = 2,7551. Dengan membandingkan besarnya nilai “t” yang tercantum dalam tabel pada taraf signifikansi 5 % = 2,048, maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt baik taraf 5% (2,7551>2,048) yang berarti signifikan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan, khususnya bagi guru pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Wahid Hasyim kecamatan Bangsri kabupaten Jepara sebagai tempat penelitian dan bagi semua pihak yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan,MM. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:08 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:08 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3266 |