NOR JANNAH, 141310003282 (2018) STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN METODE MUROJA’AH DAN TASMI’ PADA MATA PELAJARAN AL- QURAN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUSY SYUBBAN BLINGOH DONOROJO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003282_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003282_BAB I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
141310003282_BAB II.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
141310003282_BAB III.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
141310003282_Bab IV.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
141310003282_Bab V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
141310003282_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Mata pelajaran Al Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di MA Nahdlatusy Syubban Blingoh Donorojo Jepara. Pemberian materi ini diharapkan agar mampu mengantarkan peserta didik pada pembentukan akhlak yang baik sesuai nilai-nilai agama. Untuk mengetahui pencapaian hasil pembelajaran pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mendiskripsikan penerapan metode Muroja’ah dan Tasmi’ menurut para ahli. Untuk mendiskripsikan penerapan metode Muroja’ah dan Tasmi’ pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MA Nahdlatusy Syubban Blingoh Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, Untuk mendiskripsikan pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Muroja’ah dan Tasmi’ pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MA Nahdlatusy Syubban Blingoh Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode muroja’ah dan Tasmi’ dilaksakan dengan beberapa langkah, meliputi guru membacakan ayat/hadits yang akan dihafalkan. Siswa bersama-sama membaca materi hafalan untuk menguasai secara matang materi hafalan dan siswa memperdengarkan hasil hafalannya kepada guru. Metode Muroja’ah dan Tasmi’ juga diterapkan guru sebagai sarana tashih (membenarkan bacaan) dan tahfidz (menghafal bacaan).Kendala penerapan metode Muroja’ah dan Tasmi’ diantaranya adalah adanya bebrapa siswa yang belum lancar dalam membaca bacaan hijaiyyah, sehingga kesulitan untuk melakukan hafalan, yang berakibat pada menurunnya motivasi siswa dalam menghafal. Strategi yang diambil dalam menangani kesulitan siswa dalam menghafal adalah meinta mereka menuliskan ayat/hadits yang hendak dihafalkan, agar siswa mudah memahami cara baca dan makna ayat/hadits tersebut. Kekurangan dan kelebihan metode yang digunakan dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Nahdlatusy Syubban Blingoh yaitu: Dengan metode ceramah guru mudah menguasai kelas, Mudah mengorganisasikan tempat duduk /kelas, namun bila selalu digunakan dan terlalu digunakan dapat membuat bosan. Sehingga perlu adanya metode Muroja’ah dan Tasmi’.Metode Muroja’ah dan Tasmi’ yang dibiasakan anak MA Nahdlatus Syubban Blingoh sejak awal akan membekas dan tidak mudah hilang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs.H. Akhirin, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:06 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:06 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3264 |