Search for collections on Publications

PERAN FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2017

NUR FITRIYANI, 131310000917 (2018) PERAN FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2017. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 131310000917_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000917_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310000917_BAB I.pdf]
Preview
Text
131310000917_BAB I.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 131310000917_BAB II.pdf]
Preview
Text
131310000917_BAB II.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 131310000917_BAB III.pdf]
Preview
Text
131310000917_BAB III.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 131310000917_BAB V.pdf]
Preview
Text
131310000917_BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 131310000917_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000917_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan dan pembelajaran secara klasifikal dalam pengetahuan agama islam. Berbagai upaya telah dilakukan guru diniyah untuk mengoptimalkan dann memaksimalkan proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini 1) Untuk mengetahui program-program yang dilaksanakan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), 2). Untuk mengetahui Peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), dan 3). Untuk mengetahui dampak dari Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah ( FKDT) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru madrasah diniyah awaliyah di Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.
Penelitian ini, merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan yang bersifat verbal dan tidak berupa angka-angka dengan subyek penelitian meliputi ketua FKDT Mijen, kepala madrasah, dan guru awaliyah yang ada di Kecamatan Mijen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tentang kegiatan FDKT dan pembelajaran di madrasah awaliyah. Wawancara tentang program-prgram pelaksanaan, peran dan dampak. Dokumentasi kegiatan FKDT dan pembelajaran. Reduksi data dengan mengelompokkan semua data yang didapat. Penyajian data dengan membuat pola yang berhubungan dengan rumusan masalah. Verifikasi data dengan menyimpulkan data yang telah dikelompokkan hingga menjadi pola yang sesuai dengan rumusan masalah yakni program pelaksanaan, peran dan dampak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program-program pelaksanaan FKDT Kecamatan Mijen Kabupaten Demak meliputi penyusunan kurikulum dan silabus, sehingga mereka mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. 2) Peran FKDT Kecamatan Mijen sebagai wahana untuk meningkatkan kompetensi guru madrasah diniyah, khususnya kompetensi pedagogic yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. 3) Dampak positif dari FKDT adalah guru bisa merencanakan, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mahalli,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Awaliy
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:20
Last Modified: 21 Apr 2022 02:20
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3233

Actions (login required)

View Item
View Item