NUR FITRIYANI, 131310000917 (2018) PERAN FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2017. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310000917_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000917_BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
131310000917_BAB II.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
131310000917_BAB III.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
131310000917_BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
131310000917_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan dan pembelajaran secara klasifikal dalam pengetahuan agama islam. Berbagai upaya telah dilakukan guru diniyah untuk mengoptimalkan dann memaksimalkan proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini 1) Untuk mengetahui program-program yang dilaksanakan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), 2). Untuk mengetahui Peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), dan 3). Untuk mengetahui dampak dari Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah ( FKDT) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru madrasah diniyah awaliyah di Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.
Penelitian ini, merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan yang bersifat verbal dan tidak berupa angka-angka dengan subyek penelitian meliputi ketua FKDT Mijen, kepala madrasah, dan guru awaliyah yang ada di Kecamatan Mijen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tentang kegiatan FDKT dan pembelajaran di madrasah awaliyah. Wawancara tentang program-prgram pelaksanaan, peran dan dampak. Dokumentasi kegiatan FKDT dan pembelajaran. Reduksi data dengan mengelompokkan semua data yang didapat. Penyajian data dengan membuat pola yang berhubungan dengan rumusan masalah. Verifikasi data dengan menyimpulkan data yang telah dikelompokkan hingga menjadi pola yang sesuai dengan rumusan masalah yakni program pelaksanaan, peran dan dampak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program-program pelaksanaan FKDT Kecamatan Mijen Kabupaten Demak meliputi penyusunan kurikulum dan silabus, sehingga mereka mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. 2) Peran FKDT Kecamatan Mijen sebagai wahana untuk meningkatkan kompetensi guru madrasah diniyah, khususnya kompetensi pedagogic yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. 3) Dampak positif dari FKDT adalah guru bisa merencanakan, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Awaliy |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:20 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:20 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3233 |