NUR LATIFAH, 131310001696 (2018) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS X MA DARUL ULUM SRIKANDANG BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310001696_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001696_BAB I.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
131310001696_BAB II.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
131310001696_BAB III.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
131310001696_BAB IV.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
131310001696_BAB V.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
131310001696_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana konsep penerapan metode demonstrasi dalam pandangan Para Ahli Pendidikan ?. 2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Darul Ulum Srikandang Bangsri Jepara tahun pelajaran 2017/2018 ?. 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Darul Ulum Srikandang Bangsri Jepara tahun pelajaran 2017/2018 ?
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data: wawancara, dokumentasi dan observasi.
Dari analisa yang penulis lakukan, dapat disimpulkan hasil sebagai berikut:
Pertama, Konsep penerapan metode demonstrasi dalam pandangan Para Ahli Pendidikan adalah bahwa metode demonstrasi yaitu cara penyajian pelajaran dengan cara penyampaian secara lisan (ceramah) tetapi dilengkapi dengan presentasi gambar, atau praktik dengan peralatan yang relevan untuk mempertunjukkan suatu proses situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik yang sebenarnya maupun tiruannya. Hal ini didasarkan pada beberapa pandangan ahli sebagai berikut: Haris Mujiman : metode demonstrasi adalah ceramah tetapi dilengkapi dengan presentasi gambar, atau praktik dengan peralatan yang relevan dengan materi ceramah. Abuddin Nata : metode demonstrasi ialah cara penyajian pelajaran dengan cara mempertunjukkan kepada peserta didik tentang suatu proses situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik yang sebenarnya maupun tiruannya. Abdul Majid : demonstrasi merupakan penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan.
Kedua, Penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Darul Ulum Srikandang Bangsri Jepara tahun pelajaran 2017/2018 adalah serangkaian cara yang ditempuh oleh guru untuk menyajikan materi pelajaran Fiqih melalui penuturan secara lisan disertai dengan peragaan tentang materi pelajaran yang dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu perencanaan (persiapan), pelaksanaan dan penutup. Penerapan metode demonstrasi di kelas X MA Darul Ulum Srikandang adalah pada materi tentang tata cara pengurusan jenazah.
Ketiga, Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Darul Ulum Srikandang Bangsri Jepara tahun pelajaran 2017/2018 meliputi faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya antara lain: perencanaan dan persiapan yang matang, keterampilan guru meliputi: penguasaan langkah-langkah penerapan metode demonstrasi, dan motivasi siswa yaitu keinginan siswa untuk menguasai materi pelajaran Fiqih. Faktor penghambatnya antara lain: keterbatasan peralatan, sarana prasarana dan keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Mata Pelajaran Fiqih. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:17 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:17 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3231 |