NUR ROHMATUL AMINAH, 1313100002657 (2018) ANALISIS PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK SISWA DI SDN 1 SOMOSARI BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310002657_COVER.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
131310002657_BAB I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
131310002657_Bab II.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
131310002657_Bab III.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
131310002657_Bab IV.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
131310002657_Bab V.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
131310002657_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Bagaimana tingkat Pendidikan Orang Tua Siswa di SDN 1 Somosari Batealit Jepara, Keadaan akhlaq Siswa di SDN 1 Somosari Batealit Jepara, pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap akhlaq siswa di SDN 1 Somosari Batealit Jepara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh berupa hasil wawancara, penemuan dokumentasi dan pengamatan melalui observasi. Penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Tingkat pendidikan orang tua siswa di SDN 1 Somosari Batealit Jepara beragam, namun orang tua mereka hanya dari sekolah umum seperti SD, SMP, SMA, PT , sebagian besar dari orang tua siswa berpendidikan SMP ke bawah dan bahkan ada yang tidak lulus SD.
Kondisi akhlak siswa di SD N 1 Somosari Batealit Jepara di pengaruhi oleh berbagi hal diantaranya adalah faktor lingkungan, dalam hal ini adalah faktor lingkungan Keluarga karena keluarga merupakan tempat yang paling dominan dalam membentuk akhlak anak. Keluarga di sini di artikan sebagai suatu kelompok individu yang terkait oleh ikatan perkawinan atau darah, yang secara khusus mencakup ayah dan ibu (orang tua) serta anak merupakan lembaga pendidikan yang secara di selenggarakan dan ditangani langsung oleh kedua orang tuanya. Selain dari lingkungan keluarga, pembentukan akhlaq juga dipengaruhi dari lingkungan sekolah, dalam hal ini yang di maksud pola didik guru dalam membentuk akhlaq anak di sekolah. Guru memegang peranan penting di lingkungan sekolah karena guru merupakan orang tua ke dua dari siswa di lingkungan sekolah.
Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang tua terhadap Akhlak Siswa di SDN 1 Somosari terlihat pada orang tua yang berpendidikan rendah. Terutama cara mereka dalam mengasuh anak-anaknya ketika di rumah, sebagian dari anak yang akhlaqnya kurang baik berasal dari keluarga berpendidikan rendah. Karena mereka memang belum mengetahui bagaimana cara mengasuh anak yang baik. Terutama dalam mendidik akhlaq, hal itu terbukti dari tingkah laku anak-anaknya ketika di Sekolah. Di sinilah sudah nampak jelas bahwa tingkat pendidikan orang tua itu berpengaruh pada pola asuh kepada anak-anak sehingga berdampak pada akhlaq yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Akhlak Siswa |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 07:43 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 07:43 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3229 |