SITI NUR ATIQAH, 131310001439 (2018) PENERAPAN METODE KOOPERATIF MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGENAL ASMAUL HUSNA (Studi Observasi Terhadap Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas II MI Miftahul Ulum 03 Tunahan). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310001439_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001439_BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
131310001439_BAB II.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
131310001439_BAB III.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001439_BAB IV.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
131310001439_BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
131310001439_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui penerapan metode kooperatif Make A Match dalam peningkatan hasil belajar siswa materi “mengenal asmaul husna” studi observasi terhadap pembelajaran Aqidah Akhlak kelas II MI Miftahul Ulum 03 Tunahan. (2) Mengetahui Hasil belajar Aqidah Akhlak materi “Mengenal Asmaul Husna” melalui metode kooperatif Make A Match di MI Miftahul Ulum 03 Tunahan. (3)Mengetahui adanya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dengan penerapan metode kooperatif Make A Match, Studi observasi terhadap pembelajaran Aqidah Akhlak kelas II MI Miftahul Ulum 03 Tunahan.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Miftahul Ulum 03 Tunahan yang berjumlah 25 siswa, sebagai sumber data utama, kemudian guru Aqidah Akhlak kelas II sebagai sumber data pendukung. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, praktik, wawancara, jurnal guru dan catatan lapangan. Adapun setelah data terkumpul dianalisis dengan tehnik diskriptif untuk data yg bersifat kualitatif, kemudian penulis menggunakan analisa statistik bagi data yang bersifat kuantitatif, yaitu data yang berhubungan dengan angka-angka yang dapat memberikan gambaran mengenai keadaan atau peristiwa tertentu. Tehnik statistik yang digunakan yaitu statistik sederhana mencari prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode kooperatif Make A Match dalam peningkatan hasil belajar siswa materi mengenal asmaul husna, studi observasi terhadap pembelajaran Aqidah Akhlak kelas II MI Miftahul Ulum 03 Tunahan, yaitu; kategori sangat aktif ada 12 siswa atau sebesar 48% dari 25 koresponden yang diteliti.untuk kategori aktif ada sejumlah 10 siswa atau sebanyak 40%, selanjutnya kategori cukup aktif ada 3 siswa atau sebanyak 12%. Sedangkan untuk kategori kurang aktif sedah tidak ada. (2) hasil belajar aqidah akhlak materi “mengenal asmaul husna” melalui metode kooperatif Make A Match di MI Miftahul Ulum 03 Tunahan adalah, yang tuntas sejumlah 22 siswa atau sebanyak 88% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 12% atau sejumlah 3 orang. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak materi “mengenal asmaul husna” melalui metode kooperatif Make A Match di MI Miftahul Ulum 03 Tunahan diantaranya yaitu; minat belajar siswa yang kurang sehingga terjadi penurunan hasil belajar, pendidik yang masih monoton dalam penggunaan metode pembelajaran, minimnya komunikasi timbal balik antar siswa, maupun juga antara siswa dengan guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Muafid,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 05:55 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 05:55 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3152 |