LITA YOFANDA, 131310000539 (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MI MIFTAHUL HUDA NGASEM BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 131310000539_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 131310000539_BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3. 131310000539_BAB II.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
4. 131310000539_BAB III.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. 131310000539_BAB IV.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. 131310000539_BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. 131310000539_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. 131310000539_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk menjelaskan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan MI Mifathul Huda Ngasem Batealit Jepara . 2. Untuk menjelaskan dampak internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan MI Mifathul Huda Ngasem Batealit Jepara .
Teknik analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang sudah tersedia dari berbagai sumber yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi dengan mengadakan reduksi data, yaitu data-data yang diperoleh di lapangan dirangkum dengan memilih hal-hal yang pokok serta disusun lebih sistematis, sehingga mudah dikendalikan
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan MI Mifathul Huda Ngasem Batealit Jepara, adalah: Keteladanan, Pembiasaan, Pengawasan dan nasihat, serta Teguran atau sanksi.. 2. Implikasi internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan MI Mifathul Huda Ngasem Batealit Jepara, dengan membiasakan perilaku sehari-hari siswa melalui kegiatan keagamaan di MI Miftahul Huda Ngasem memiliki implikasi 90 % positif dengan indikator a) meningkatkan ketakwaan yaitu dengan melaksanakan ibadah tepat waktu dengan berjama’ah, puasa ramadhan, memperbanyak doa-doa ketika akan ujian b) membangkitkan motivasi dengan indikator melaksanakan di rumah dengan membaca al-qur’an, mengimplementasikan amalan-amalan dan nasehat dari kepala sekolah, guru ataupun ustazah/ustaz dari luar dan mengimplementasikan sholat berjama’ah di rumah karena pembiasaan di sekolah, c) Peningkatan kedisiplinan yaitu taat pada peraturan atau tata tertib yang berlaku di sekolah dan datang tepat waktu dan tepat waktu dalam melaksanakan sholat secara berjama’ah. d) Bertanggung jawab dengan melaksanakan kegiatan keagamaan yang sudah diprogramkan oleh sekolah, mengerjakan tugas secara bersungguh-sungguh serta berani menanggung konsekuensi dari sikap, perkataan dan perilakunya. d) Menghormati orang lain yaitu selalu menghormati guru dan kepala sekolah dan semua warga sekolah. Dengan menyapa dulu ketika bertemu guru, kepala sekolah, petugas TU dan satpam. e) Tawadhu dengan bersikap rendah hati kepada guru dan kepala sekolah dan semua warga sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Keagamaan, Ekstra Kurikuler, Pembentukan Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 03:49 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 03:49 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/313 |