Search for collections on Publications

KONSEP PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES MENURUT MUNIF CHATIB DALAM BUKU ORANGTUANYA MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

NUR YESI PUJI ASTUTIK, 141310003217 (2018) KONSEP PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES MENURUT MUNIF CHATIB DALAM BUKU ORANGTUANYA MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 141310003217_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003217_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 141310003217_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003217_BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 141310003217_BAB II.pdf]
Preview
Text
141310003217_BAB II.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 141310003217_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003217_BAB III.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 141310003217_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003217_BAB IV.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 141310003217_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003217_BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 141310003217_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003217_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran multiple intelligences menurut Munif Chatib dalam buku Orangtuanya Manusia dan implementasi konsep pembelajaran multiple intelligences menurut Munif Chatib dalam buku Orangtuanya Manusia dalam perspektif pendidikan Islam.
Penelitian ini berupaya untuk mengungkap Konsep Pembelajaran Multiple Intelligences menurut Munif Chatib dalam Buku Orangtuanya Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam, maka jenis penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan atau disebut library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Dalam mencari data menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analysis deskriptif, content analysis, dan interpretatif analysis
Hasil penelitian mengenai Konsep Pembelajaran Multiple Intelligences menurut Munif Chatib dalam Buku Orangtuanya Manusia adalah: Satu anak memiliki dua dimensi, fitrah anak cenderung pada kebaikan, anak itu raja, pembantu dan wazir, memberikan jawaban positif, anak adalah bintang, kemampuan anak seluas samudra, multiple intelligences antara bidang studi dan profesi, orang tua menjadi penyelam discovering ability, rumah, jangan menjadi mesin pembunuh bakat anak, orang tua harus menjadi sahabat sejati guru, kenali gaya belajar anak Dan implementasi konsep pembelajaran multiple intelligences menurut Munif Chatib dalam buku Orangtuanya Manusia dalam perespektif pendidikan Islam yaitu dengan berbagai macam metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang disesuaikan dengan potensi dan kecerdasan anak. Misalnya, anak dengan kecerdasan musik dapat belajar dengan menggunakan metode talking stick, anak dengan kecerdasan interpersonal dapat belajar dengan menggunakan metode diskusi, anak dengan kecerdasan spasial-visual dan kecerdasan intrapersonal dengan menggunakan metode gambar visual, anak dengan kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan naturalis dengan menggunakan metode analogi, anak dengan kecerdasan linguistik dan kecerdasan kinestetis dengan menggunakan metode sosiodrama, serta anak dengan kecerdasan eksistensial dengan mengajak anak untuk mempertanyakan soal keberadaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences dan Pendidikan Islam.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:34
Last Modified: 14 Apr 2022 02:34
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item
View Item