NURMAUJI ZULIANA, 141310003030 (2018) STARTEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN MIJEN 1 DAN SDN MIJEN 2 DEMAK. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003030_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003030_BAB I.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
141310003030_BAB II.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
141310003030_BAB III.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
141310003030_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
141310003030_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (992kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SDN MIJEN 1 DAN SDN MIJEN 2 DEMAK. Pemberian materi ini diharapkan agar mampu mengantarkan peserta didik pada pembentukan akhlak yang baik sesuai nilai-nilai agama. Untuk mencapai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maka digunakannya strategi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas v SDN Mijen 1 dan SDN Mijen 2 Demak, faktor pendukung serta penghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas v SDN Mijen1 dan SDN Mijen 2 Demak.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi strategi yang digunakan SDN Mijen 1 Demak adalah dengan pmbiasaan, dengan menghafal dan pemberian Reward dan Pushment. Dengan menggunakan strategi tersebut dapat menjadikan siswa lebih termotivasi saat mengikuti pembelajaran. Sedangkan strartegi yang digunakan SDN Mijen 2 Demak adalah dengan pemberian Asumsi, Motivasi, dan Asumsi, yang dimaksudkan dengan cara tersebut membuktikan bahwa cara tersebut sangat manjur digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Mijen 2. (2)Faktor pendukung dalam penerapan Strategi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Mijen 1 dan SDN Mijen 2 Demak adalah adanya buku-buku panduan, buku paket, keaktifan peserta didik, adanya kerja sama antar guru,keuletan guru, kegiatan sekolah yang lain, lingkungan sekolah, peran aktif orang tua. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Mijen 1 dan SDN Mijen 2 Demak yaitu keterbatasan alat peraga, kesulitan dalam penyesuaian materi maupun dengan peserta didik, kurangnya kesadaran diri siswa dalam hal disiplin, kurangnya alat-alat pendukung dalam pembelajaran,lingkungan sekolah yang negatif, sikap orang tua yang kurang perhatian terhadap anaknya yang menjadikan mereka tidak percaya diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:09 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:09 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3120 |