NURUL KHAQ, 1310000590 (2018) IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MAFATIHUT THULLAB SURODADI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
1310000590_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1310000590_BAB I.pdf - Published Version Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
1310000590_BAB II.pdf - Published Version Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
1310000590_BAB III.pdf - Published Version Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
1310000590_BAB IV.pdf - Published Version Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
1310000590_BAB V.pdf - Published Version Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
1310000590_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (6kB) | Preview |
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui bagaimanakah kecerdasan interpesonal siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak ; 2) Untuk mengetahui bagaimanakah implementasi metode moral reasoning dalam meningkatkan kecerdasan interpesonal siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak; 3) Untuk mengetahui bagaimanakah implementasi metode moral reasoning dalam meningkatkan kecerdasan interpesonal siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu 1) Metode pengumpulan data, sebagai berikut: (a). metode observasi untuk mengamati secara langsung pada guru dan siswa waktu proses belajar mengajar mata pelajarakidah Akhlak siswa kelas VII ; (b) metode wawancara dengan megumpulkan data-data dari Kepala madrasah, Waka kurikulum, Guru mapel Akidah Akhlak, dan TU; (c) metode dokumentasi data mengenai letak geografis, stuktur organisasi, jumlah guru dan karyawan, pembelajaran Akidah Akhlak, jumlah siswa serta kondisifasilitas atau sarana prasarana ; 2) Metode Analisis Data, dalam penelitian ini penulis menyajikannya dengan menggunakan metode analisis data yang bersifat kualitatif. Untuk itu teknik yang digunakan dalam menganalisa data kualitatif ini, peneliti menggunakan teknik deskriptif analitik non statistik, yaitu penyelidikan yang tertuju pada masa sekarang atau masalah-masalah
Hasil penelitian adalah implementasi metode moral reasoning yakni dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan keberanian mengemukakan pendapat dan mengambil sikap. Meningkatnya keberanian mengemukakan pendapat dan mengambil sikap dengan mengguakan model moral reasoning. Hal ini ditunjukkan dengan terus meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan pada indikator pencapaian.
Pola pendidikan dan pengajaran di setiap madrasah/sekolah dituntut untuk mengarahkan pada pembinaan kemampuan berfikir dan terutama pembentukan kepribadian siswa (kecerdasan interpersonal) dengan demikian ada keseimbangan dalam diri siswa karena kemampuan kognitif dan sosial saling membutuhkan dan berperan penting dalam kehidupan siswa. Upaya atau strategi MTs Mafatihut Thullab dalam pembelajaran diwujudkan dengan berbagai model pembelajaran untuk pembinaan kecerdasan interpersonal siswa sebagai berikut: 1) sistem kelas kecil, 2) sistem point kedisiplinan, 3) sistem tentor sebaya, 4). sistem studi empiris, 5) sistem bimbingan belajar, 6) konsep triple R (reasoning, reasech, religius).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Moral Reasoning Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 04:16 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 04:16 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |