Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE YANBU’A DI TPQ MIFTAKHUL ULUM DESA BANTRUNG KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016-2017

PUPON SISWANTO, 131310000919 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE YANBU’A DI TPQ MIFTAKHUL ULUM DESA BANTRUNG KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000919_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000919_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 131310000919_Bab I.pdf]
Preview
Text
131310000919_Bab I.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 131310000919_Bab II.pdf]
Preview
Text
131310000919_Bab II.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 131310000919_Bab III.pdf]
Preview
Text
131310000919_Bab III.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 131310000919_Bab IV.pdf]
Preview
Text
131310000919_Bab IV.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 131310000919_Bab V.pdf]
Preview
Text
131310000919_Bab V.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 131310000919_Daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
131310000919_Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Bagaimana Implementasi Pembelajaran Metode Yanbu’a Di TPQ Miftakhul Ulum Desa Bantrung Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2016-2017, faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh berupa hasil wawancara, penemuan dokumentasi dan pengamatan melalui observasi. Penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Implementasi metode Yanbu’a dalam pembalajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Miftakhul Ulum secara umum sudah cukup baik. Adapun teknik implementasi tersebut meliputi tiga tahap kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Faktor pendukung dalam pembelajaran metode Yanbu’a di TPQ Miftakhul Ulum meliputi: a) Kemampuan pendidik dalam pengelolaan kelas cukup baik sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai tujuan pembelajaran. b) Kompetensi profesional yang dimiliki oleh pendidik cukup baik, artinya pendidik cukup menguasai materi pembelajaran. c) Adanya buku panduan dalam menerapkan metode Yanbu’a sehingga memudahkan seorang Ustadz atau Ustadzah untuk mempelajarinya. d) Adanya pelatihan bagi seorang guru dalam menerapkan metode Yanbu’a. e) Adanya evaluasi yang dilakukan oleh pengurus TPQ setiap tiga bulan sekali. f) Sarana dan prasarana pembelajaran yang sudah memadai.
Faktor penghambat meliputi dua unsur, yaitu dari unsur pendidik dan unsur peserta didik. Faktor penghambat dari unsur pendidik meliputi: a) Dukungan pembiayaan yang masih sangat minim sehingga menyebabkan bisaroh atau honorarium yang diberikan kepada pendidik masih jauh dari kelayakan. b) Administrasi yang berkaitan dengan pendidik seperti penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan administrasi lainnya belum tersusun dengan baik. Adapun faktor penghambat dari unsur peserta didik, antara lain: a) Peserta didik kurang disiplin dalam mengikuti pembelajaran, b) Konsentrasi dan daya tangkap peserta didik berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Metode Yanbu’a, TPQ.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:10
Last Modified: 13 Apr 2022 04:10
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item
View Item