ROFIQOTUS SA’ADAH, 131310000843 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000843_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000843_BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
131310000843_BAB II.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
131310000843_BAB III.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
131310000843_BAB IV.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
131310000843_BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
131310000843_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Utuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Moga Bunda Disayang Allah. 2). Untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam sebuah karya sastra dalam pendidikan saat ini. Penelitian ini dirancang dengan jenis penelitian (Library Researt) yaitu penelitian yang meneliti data yang berupa buku, jurnal naskah-naskah atau majalah-majalah dan lain sebagainya yang bersumber dari khazanah kepustakaan.
Setelah data-data terkumpul penulis menerapkan dua metode yaitu: 1)Metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi pemikiran orang secara individu atau kelompok. 2). Dalam analisis data Penulis menggunakan metode interpretasi data. Metode interpretasi data adalah menyelami isi buku, untuk dengan setepat mungkin dalam mengungkapkan arti dan makna uraian yang disajikan.
Dari hasil analisis penulis, terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel “Moga Bunda Disayang Allah” karya Tere Liye yaitu, 1). Religius, 2). Jujur, 3). Mandiri, 4). Rasa ingin tahu, 5). Kerja keras, 6). Gemar membaca.
Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Moga Bunda Disayang Allah dalam implementasi pendidikan keluarga dapat dilakukan dengan cara tidak hanya pembiasaan berupa tugas atau kegiatan-kegiatan. Namun orang tua juga harus menjadi contoh dan teladan bagi anak dalam penerapan nilai-nilai luhur dalam pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari, contoh dari orang tuanya yang di lihat oleh anak akan di lakukan terus menerus yang kemudian menjadi sebuah kebiasaan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi bagi para siswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unisnu Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter, Tere Liye. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 800 Kesusastraan > 813 Fiksi Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 02:14 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 02:14 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3097 |