SAIDATUL AKROMAH, 131310000921 (2018) PENERAPAN METODE PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI TARBIYATUL MUBTADIIN PLAJAN PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000921_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000921_BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
131310000921_BAB II.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
131310000921_BAB III.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
131310000921_BAB IV.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
131310000921_BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
131310000921_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk : (1) Mengetahui Penerapan PAIKEM Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Tarbiyatul Mubtadiin Plajan Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui faktor Pendukung dan penghambat dalam penerapan PAIKEM dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Tarbiyatul Mubtadiin Plajan Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan PAIKEM dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Tarbiyatul Mubtadiin Plajan Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilakukan di MI Tarbiyatul Mubtadiin Plajan Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan subyek penelitian yaitu: siswa kelas V, dengan menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelas, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penerapan PAIKEM dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini sudah berjalan dengan baik dan efektif. Dimana siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk melibatkan siswa selama proses pembelajaran dengan berperan aktif dan meningkatkan daya ingat siswa sehingga siswa lebih cepat memahami materi.
Dalam setiap kegiatan pastilah ada faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendudkungnya adalah pembelajaran yang efektif, kemampuan guru, sumber belajar dan kondisis lingkungan yang kondusif.sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan siswa, fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya alokasi waktu.
Dari hasil penelitian yang dilakukan tersebut penulis berharap guru hendaknya selalu membantu dan memotivasi siswa untuk terus dapat berperan aktif dalam pembelajaran apaun supaya siswa tidak pasif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X9 Sejarah Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 07:21 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 07:21 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3092 |