Search for collections on Publications

KONSEP KEBAHAGIAAN MENURUT AL-GHAZALI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN ROHANI

SILFA LAILI ZAHROH, 131310000850 (2018) KONSEP KEBAHAGIAAN MENURUT AL-GHAZALI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN ROHANI. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131310000850_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000850_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131310000850_BAB I.pdf]
Preview
Text
131310000850_BAB I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 131310000850_BAB II.pdf]
Preview
Text
131310000850_BAB II.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of 131310000850_BAB III.pdf]
Preview
Text
131310000850_BAB III.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 131310000850_BAB IV.pdf]
Preview
Text
131310000850_BAB IV.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 131310000850_BAB V.pdf]
Preview
Text
131310000850_BAB V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 131310000850_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000850_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pemikiran Al-Ghazali tentang kebahagiaan, 2) Pengaruh konsep kebahagiaan menurut Al-Ghazali terhadap pendidikan rohani.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada riset perpustakaan (library research). Artinya, mengumpulkan data yang diinginkan dan relevan dengan masalah yang dikaji, dengan menggunakan metode historis untuk membuat rekontruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif, dengan cara mengumpulkan fakta dan memperoleh kesimpulan yang kuat tentang masalah yang dikaji kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa yangterjadi sekarang guna menggambarkan pentingnya kebahagiaan terhadap pendidikan rohani pada masa sekarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan dibagi menjadi dua, yaitu lahiriyah dan batiniyah. Kebahagiaan menurut Al-Ghazali adalah kemampuan seseorang untuk memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan. Kebahagiaan pada dasarnya memiliki hubungan yang erat dengan pendidikan rohani. Karena tujuan pendidikan rohani adalah untuk mencapai kebahagiaan, baik di dunia dan di akhirat. Oleh karenanya, kebahagiaan individu yang meliputi jasmani maupun rohani, maka itu merupakan sikap mental dan keadaan jiwa yang mendukung seseorang guna kesuksesan atau keberhasilan dalam melaksanakan pendidikan rohani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Amir Gufron, M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:18
Last Modified: 12 Apr 2022 07:18
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3088

Actions (login required)

View Item
View Item