SISWANTO, 141310003134 (2018) IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS VI DI MI AL HIDAYAH LANGON JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003134_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003134_BAB I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
141310003134_BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003134_BAB III.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
141310003134_BAB IV.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003134_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003134_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah mata pelajaran Al-Qur’an Hadis merupakan salah satu pelajaran yang menjadi ciri khas madrasah, materinya yang komplek mendorong pendidik untuk berusaha agar materi yang disampaikan bisa diterima peserta didik dengan baik. Pemilihan metode sangatlah penting agar pembelajaran bisa berjalan aktif sehingga peserta didik merasa nyaman dan mampu berprestasi dalam belajarnya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VI MI Al Hidayah Langon?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VI MI Al Hidayah Langon. Adapun manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini ialah lebih meningkatkan pelaksanaan metode resitasi sehingga dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan implementasi metode resitasi pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VI MI Al Hidayah Langon. Lokasi yang diteliti adalah MI Al Hidayah Langon Tahunan Jepara. Dengan subjek penelitian meliputi pembelajaran Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VI, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VI, Kepala Madrasah, siswa kelas VI Tahun Pelajaran 2018/2019
Dari hasil penelitian tentang Implementasi metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VI MI Al Hidayah Langon Tahunan Jepara diperoleh hasil bahwa guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VI telah menerapkan metode resitasi sesuai dengan tahapan-tahapan yang mampu membantu peserta didik melaksanakan tugas resitasi dan mencapai tujuan yang ditentukan dalam SK/KD dengan baik, meliputi: fase pemberian tugas, fase pelaksanaan tugas dan fase pertanggungjawaban tugas. Guru mampu mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VI MI Al Hidayah Langon Tahunan Jepara sehingga mampu mencari jalan keluar ketika terjadi permasalahan atau hambatan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode resitasi sudah sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan dan mampu membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Achmad Slamet, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Resitasi, Al-Qur’an Hadis. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 07:15 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 07:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3086 |