SITI AMINATUN NADLIFAH, 141310003248 (2018) PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Buku “Ilmu Pendidikan Islam” Karya Drs. Bukhari Umar, M.Ag.). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003248_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003248_BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
141310003248_BAB II.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
141310003248_BAB III.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
141310003248_BAB IV.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
141310003248_BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
141310003248_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam, (2) Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam dalam Buku “Ilmu Pendidikan Islam” Karya Drs. Bukhari Umar, M.Ag. (3) Relevansi Konsep Drs. Bukhari Umar, M. Ag dengan Pendidik dalam Pendidikan Islam pada Zaman Sekarang.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, peneliti tidak cukup hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interpretasi dan pengkajian secara mendalam setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut Dan dalam mengumpulkan data menggunakan jenis penelitian kajian kepustakaan atau disebut library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi, artinya data dikumpulkan dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul yang diangkat oleh penulis dan juga dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan content analisis atau analisis isi, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi yang ada,
Hasil penelitian ini adalah: Pendidik dalam Perspektif pendidikan Islam menurut Drs. Bukhori Umar, M.Ag yaitu orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan pertolongan kepada peserta didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya, agar mencapai tingkat kedewasaan, mampu mandiri dalam memenuhi tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah Allah dan mampu melakukan tugas sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk individu yang mandiri. Menurut Bukhori Umar pendidik terbagi dua, yaitu Pertama, Pendidik Kodrat, yaitu Orang dewasa yang mempunyai tanggung jawab utama terhadap anak yaitu orangtuanya. Kedua, Pendidik Jabatan, yaitu orang lain (tidak termasuk keluarga) yang karena keahliannya ditugaskan mendidik guna melanjutkan pendidikan yang telah dilaksanakan oleh orangtua dalam keluarga seperti guru, konselor, dan administrator. Relevansi konsep Drs. Bukhari Umar, M.Ag dengan pendidik dalam pendidikan Islam pada zaman sekarang yaitu pendapat Bukhari Umar tentang tugas dan kompetensi pendidik dalam pendidikan Islam sangatlah relevan dengan perkembangan pendidikan pada zaman sekarang terutama dalam pendidikan yang berbasis kurikulum 2013, karena dalam implementasi kurikulum 2013 terjadi penataan tugas dan fungsi guru yang semula pola pembelajarannya menggunakan pola Teaching Centered Learning (TCL) dan sekarang ini dirubah menjadi pola Student Centered Learning (SCL). Dan dalam perkembangannya sekarang ini paradigma pendidik tidak hanya bertugas sebagai pengajar, akan tetapi lebih sebagai motivator dan fasilitator dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidik dan Pendidikan Islam. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 07:12 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 07:12 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3081 |