SITI LUTFIYATUL UCHROWIYAH, 131310000854 (2018) KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT MURSID, M.Ag. DAN URGENSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000854_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000854_BAB I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
131310000854_BAB II.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
131310000854_BAB III.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
131310000854_BAB IV.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
131310000854_BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
131310000854_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) konsep dasar pendidikan anak usia dini menurut Mursid, M.A.g 2) mengetahui urgensi konsep dasar pendidikan anak usia dini menurut Mursid, M.A.g terhadap pendidikan Islam 3) analisis konsep dasar pendidikan anak usia dini menurut Mursid, M.A.g dan urgensinya terhadap pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan riset perpustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian yang terkumpul dari sumber primer maupun sumber sekunder kemudian dianalisis dengan menggunakan metode induksi dan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Mursid, M.A.g tentang pendidikan anak usia dini adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani,rohani (moral dan spiritual), motorik, akal pikiran, emosional dan sosial yang tepat agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Karena anak merupakan dambaan bagi setiap orang tua atau pendidik, untuk memahami cara yang tepat dalam mendidik anak di usia dini. Oleh karena itu para orang tua seyogyanya mengerti tentang perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini, mengetahui program-program dalam pembelajran paud. Urgensi konsep Mursid, M.A.g tentang pendidikan anak usia dini pada pendidikan Islam adalah pada hakekatnya pendidikan anak usia dinimeliputi serangkaian proses aktivitas manusia yang merupakan kerangka dasar konsep pendidikan anak usia dini yang tidak bisa dipisahkan denagn masa sebelumnya. Apabila dikaitkan denagn pendidikan Islam, maka pendidikan anak usia dini merupakan masa yang akan memepengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa yang akan datang. Perilaku tindakan-tindakan orang tua atau pendidik yang bersifat mendidik (edukatif) secara Islam mempunyai pengaruh besar di masa selanutnya pada pendidikan Islam, maka dari itu pendidikan anak usia dini mempunyai nilai yang sangat urgen pada pendidikan Islam.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan amsukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU JEPARA).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 07:10 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 07:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3079 |