Search for collections on Publications

MODEL PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI JEPARA

Riyoko, Sisno and Suyatno, Suyatno (2016) MODEL PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI JEPARA. LPPM UNISNU Jepara, Jepara. (Unpublished)

[thumbnail of Penelitian_Sisno Riyoko_UNISNU 2016.pdf]
Preview
Text
Penelitian_Sisno Riyoko_UNISNU 2016.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ingin menghasilkan model pengembangan strategi pemasaran berbasis Teknologi Informasi (TI) yaitu suatu bentuk model pengembangan strategi pemasaran dengan memperhatikan dan memanfaatkan Teknologi Informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih meninngkatkan efisiensi daya saing UMKM melalui pemanfaatan Teknologi Informasi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dibina dengan basis TI ini diharapkan daya saing akan lebih meningkat. Tujuan penelitian : 1)teridiskripsikannya kondisi UMKM yang telah memanfaatkan teknologi informasi. 2) tersusunnya suatu model pengembangan strategi pemasaran berbasis TI yang dapat diaplikasikan secara praktis. 3) teraplikasikannya model secara empiric, serta 4) terujinya aplikasi model pengambangan strategi pemasaran berbasis TI. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan metode pendekatan action research, yaitu kegiatan penelitian yang dilanjutkan dengan implementasi. Tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan adalah : 1) melakukan identifikasi UMKM dengan metode survey, desk analisis dan Fokus Group Diskusi, 2) menyusun model pengembangan strategi pemasaran berbasisi TI dengan metode deskriptif, 3) merumuskan dan mengaplikasikan model pengambangan strategi pemasaran berbasis TI sekaligus acuan/panduan implementasinya dan 4) menguji implementasi model pengambangan strategi pemasaran berbasis TI dan melakukan revisi model akhir. Hasil penelitian tahun
pertama menunjukan bahwa sebagian besar UMKM di Jepara belum memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal. Dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan masih menggukan model lama yaitu pameran, promosi dan masih mengandalkan pesanan. Oleh karena itu model strategi pemasaran berbasis
teknologi informasi menjadi solusi untuk permasalahan pemasaran UMKM dan peningkatan daya saing.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, UMKM, teknologi infomasi, daya saing.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: UNISNUPedia > Laporan Penelitian
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:35
Last Modified: 08 Oct 2021 01:40
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item
View Item