UMI ZAINUNAH, 131310000875 (2018) KONSEP PENDIDIK DALAM TA’LIM MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI MI MIFTAHUL HUDA BULUNGAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000875_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
131310000875_BAB I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
131310000875_BAB II.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
131310000875_BAB III.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
131310000875_BAB IV.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
131310000875_BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
131310000875_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana relevansi konsep pendidik menurut kitab Ta’limul Muta’allim karya Syeh Az-Zarnuji terhadap pengembangan pendidikan Islam saat ini, khususnya di MI Miftahul Huda Desa Bulungan Kecataman Pakis Aji. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep pendidik menurut Ta’lim muta’alim?. 2) Bagaimana pengembangan pendidikan Islam di MI Miftahul Huda Bulungan?.3) Bagaimana relevansi konsep pendidik menurut Ta’lim muta’alim dalam pengembangan pendidikan Islam di MI Miftahul Huda Bulungan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban atas ketiga rumusan masalah tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian adalah untuk menganalisis konsep pendidik menurut Syeh Az Zarnuji sebagaimana di tuangkan dalam kitabnya Ta’limul Muta’allim kemudian menganalisis konsep tersebut terhadap relevansi pengembangan pendidikan Islam di MI Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah segala sesuatu yang relevan secara substansial dengan tema penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahapan analisis sebelum di lapangan dan analisis selama di lapangan, kemudian baru menarik simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh simpulan bahwa konsep pendidik menurut Az Zarnuji harus memenuhi kriteria antara lain: 1) guru harus memiliki ilmu, 2) guru harus wara’ atau memiliki akhlak yang baik. 3) guru harus seorang yang dewasa dan 4) guru harus memiliki jiwa ikhlas, taqwa dan kasih sayang. Sedangkan pengembangan pendidikan Islam yang telah dilakukan di MI Miftahul Huda Bulungan adalah: 1) peningkatan kualitas pendidik atau guru dan tenaga kependidikan yang ada, 2) peningkatan kualitas sarana prasarana pembelajaran, 3) peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar yang mencakup materi, metode dan evaluasi pembelajaran. dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat relevansi antara konsep pendidik menurut Syeh Az Zarnuji dengan pengembangan pendidikan Islam di MI Miftahul Huda Bulungan.trelevansi tersebut dapat dirumuskan dalam dua pokok tujuan sekolah, pertama, menanamlan nilai-nilai Keimanan dan Ketaqwaan, kedua, memberiakn pendidikan dengan mengutamakan keteladanan akhlaqul karimah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidik dalam Ta’lim Muta’allim, Pengembangan Pendidikan Islam, MI Miftahul Huda Bulungan. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 03:32 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 03:32 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3049 |