YARID MAKAIL, 131310000929 (2018) APLIKASI MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi Kasus Di Kelas VII MTs. Al – Islam Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000929_COVER.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
131310000929_BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
131310000929_BAB II.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
131310000929_BAB III.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
131310000929_BAB IV.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
131310000929_BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
131310000929_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ‘’Bagaimana penerapan media audio visual berbasis teknologi informasi dalam pembelajaran mata pelajaran al qur’an hadits studi kasus di kelas VII MTs. Al – Islam Jepara.’’
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperolehberupa hasil wawancara, penemuan dokumentasi dan pengamatan melaluiobservasi. Penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengancara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan berdasarkan hasilwawancara, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian ini yaitu tentang aplikasi media audio visual berbasis teknologi informasi yang di aplikasikan pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di kelas VII pada MTs. Al-Islam Jepara mempunyai beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat yang dapat menjelaskan antara kelemahan dan kelebihan yang dapat diperbaiki berdasarkan hasil penelitian. Dengan demikian aplikasi media audio visual diharapkan benar – benar dapat membantu berjalanya pembelajaran dengan baik dan dapat menambah kemajuan dalam menyampaikan mata pelajaran yang seharusnya dapat dikembangkan dan salah satunya adalah dengan mengaplikasikan media audio visual berbasis teknologi informasi dalam pembelajaran mata pelajaran Al Qur’an Hadits maupun mata pelajaran yang lainya, demi terwujudnya profesionalisme guru terhadap kemajuan teknologi. Guru tidak hanya menguasai materi pelajaran, melainkan juga menguasai media – media dalam pembelajaran. Dalam media audio visual ini juga termasuk dalam kategori media pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Meskipun demikian, ada kelebiahan pasti ada pula kelebihan. Kelebihan dapat dikembangkan dan kekurangan dapat diperbaiki bahkan dapat di hindarkan sekalipun, agar menjadi titik kesempurnaan.
Adapun faktor pendukungnya antara lain : 1) Guru profesional dalam penguasaan materi pelajaran serta media pembelajaran berbasis teknologi informasi yaitu : Hardware maupun Sofware2) Siswa lebih aktif dalampembelajaran3) Siswa lebih menyukai hal yang menarik yang berkaitan dengan audio visual4) Sarana dan prasarana yang mencukupi.
Sedangkan faktor penghambatnya antara lain :1) Guru kurang menguasai teknologi informasi 2)Siswa mengalami titik jenuh apabila dalam penyampaian monoton atau membosankan 3) perangkat rusak4) listrik padam 5) Adanya perbedaan karakter setiap peserta didik6) Suasana kelas yang terkadang tidak kondusif 7) Kurangnya daya minat pada peserta didik terhadap aplikasi media audio visual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Media Audio Visual Berbasis Teknologi Informasi. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 03:24 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 03:24 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3044 |