ZUNISA’ IFFATUR RIZQIYAH, 141310003141 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE GUIDE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IV (Studi Deskriptif di SD Negeri 1 Kepuk Bangsri Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003141_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
141310003141_BAB I.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
141310003141_BAB II.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
141310003141_BAB III.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
141310003141_BAB IV.pdf - Published Version
Download (799kB) | Preview
141310003141_BAB V.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
141310003141_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
Lampiran.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) penerapan model pembelajaran inkuiri tipe guide inquiry pada mata pelajaran PAI kelas IV SD Negeri 1 Kepuk Bangsri Jepara; 2) faktor-faktor penghambat dan pendukung penerapan model pembelajaran inkuiri tipe guide inquiry pada mata pelajaran PAI kelas IV SD Negeri 1 Kepuk Bangsri Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian “field research” yaitu studi lapangan yang berbentuk kualitatif dengan menggunakan metode deksriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri 1 Kepuk Bangsri Jepara dan peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kepuk Bangsri Jepara.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : pelaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri tipe guide inquiry pada mata pelajaran PAI kelas IV di SD Negeri 1 Kepuk Bangsri Jepara mencakup tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup/akhir. Adapun dalam kegiatan awal yang dilakukan guru adalah mempersiapkan segala hal yang menjadi penunjang dalam penerapan model pembelajaran, baik media pembelajaran, penguasaan terhadap model pembelajaran yang akan diterapkan, dan materi yang akan disampaikan. Dalam kegiatan inti ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu perumusan masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan untuk memperoleh serta mengumpulkan data dan menganalisisnya. Pelaksaaan pembelajaran sangat efektif karena dalam proses pembelajarannya peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik menjadi lebih aktif. Dan dalam penerapan model pembelajaran inkuiri tipe guide inquiry, tugas guru menjadi motivator dan fasilitator dalam pembelajaran yaitu guru memberikan bimbingan dan arahan pada peserta didik. Model pembelajaran inkuiri tipe guide inquiry adalah model pembelajaran yang dalam pelaksanaanya guru memberikan bimbingan yang cukup luas kepada peserta didik dengan tidak melepas kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan harapan. Faktor pendukungnya adalah tersedianya media pembelajaran, buku pelajaran untuk peserta didik, motivasi keluarga, minat peserta didik yang tinggi. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran untuk penerapan model pembelajaran inkuiri tipe guide inquiry adalah tingkat kemampuan yang dimiliki anak berbeda-beda, keterbatasan waktu dan motivasi keluarga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Khalimatus Sa’diyah, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran Inkuiri, Tipe Guide Inquiry, Mata Pelajaran PAI. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 07:15 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 07:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3033 |