MALIKATIN, 141310003079 (2018) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs. HASAN KAFRAWI PANCUR MAYONG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003079_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003079_BAB I.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
141310003079_BAB II.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
141310003079_BAB III.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
141310003079_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003079_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003079_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran kepala madrasah dalam peningkatan kualitas pembelajaran pada mata melajaran fiqih di MTs. Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara . (2) strategi kepala madrasah dalam peningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran fikih di MTs. Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. (3) Kendala yang di hadapi kepala madrasah dalampeningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di bMTs. Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara Jepara.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, peneliti tidak cukup hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interpretasi dan pengkajian secara mendalam setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut Dan dalam mengumpulkan data menggunakan jenis penelitian studi kasus (case study) yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, mendalam dan terrinci untuk memperoleh data penelitiannya. Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis data.
Hasil dari penelitian ini adalah: kepala madrasah dalam menjalankan perannya sesuai dengan prosedur yaitu sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. dalam menjalankan tugas yang maksimal tidak hanya guru saja yang berpera namun juga kepala madrasah. Adapun strategi yang digunakan kepala madrasah dalam peningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran fikih yaitu peningkatan kemampuan mengajar guru atau profesionalisme guru, mengoptimalkan media pembelajaran dan sarana prasarana pendidikan, melaksanakan supervisi secara rutin setiap minggu, menjalin kerjasama dengan pendidik, tenaga kependidikan, siswa, wali murid, dan warga madrasah untuk penerapan kedisiplinan yang ketat, dan selalu berkomunikasi dengan komite madrasah. Namun juga terdapat kendala dalampeningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran fiqih yaitu terdapat kesenjangan latar belakang asal sekolah siswa, kurangnya lengkapnya sarana-prasarana, dan adanya siswa yang bandel dan sering melanggar peraturan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Madrasah, Kualitas Pembelajaran. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 07:13 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 07:13 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3031 |