NOOR ALFIYATUR ROKHMANIYAH, 131110001184 (2018) IMPLEMENTASI PERSONAL SELLING MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Deskriptif Kualitatif UMKM Tenun Troso Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131110001184_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131110001184_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
131110001184_BAB II.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
131110001184_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
131110001184_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
131110001184_BAB V.pdf - Published Version
Download (804kB) | Preview
131110001184_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (975kB) | Preview
Abstract
Dewasa ini penggunaan internet merupakan suatu kebutuhan bagi sebagian orang. Internet menjadi salah satu alterntif dan bentuk pemanfaatan teknologi yang ada. Teknologi yang dapat mendukung kegiatan usaha seperti meningkatkan relasi atau hubungan dengan calon dan atau konsumen, pelanggan dan tentu saja sedikit mengurangi biaya operasional. Dalam era globalisasi saat ini e-commerce berkembang dengan pesat semakin banyaknya bisnis online yang ada. Di jepara sendiri ada warisan budaya Tenun Troso Jepara yang harus dilestarikan keberadaannnya dengan cara memproduksi kain kemudian menjualnya dengan berbagai macam bentuk produk yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk menjadi barang yang mempunyai daya tarik tinggi seperti baju, tas, gelang, syal, ikat kepala, sajadah sepatu, dll.
Populasi dalam penelitian adalah UMKM Tenun Troso yang melakukan personal selling melalui media sosial facebook. Teknik dalam menentukan sampel yang akan diteliti adalah menggunakan metode sensus, yaitu beberapa UMKM atau produsen tenun Troso yang melakukan personal selling melalui facebook. Maka penelitian ini diperlukan jumlah Informan sebesar 7 informan untuk diteliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Sugiono (2008:15) metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian berlandaskan pada filsafat alamiah dimana peneliti adalah instrument kunci, pengambilan sampel dan sumber data yang dilakukan secara purposive, teknik pengumpulan triangulasi, analisis data yang bersifat kualitatif, dan hasil penelitian ini lebih menekankan makna daripada generalisasi. Penelitian deskrptif menurut Singarimbun (1984:4), penelitian deskriptif dimaksudkan untuk mengukur fenomena sosial tertentu, misal perceraian, pengangguran, keadaan gizi dan lain-lain. Penelitian deskriptif mempunyai dua tujuan yaitu : untuk mengetahui perkembangan fisik tertentu dan mendeskripsikan secara rinci fenomena sosial tertentu. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dengan survey lapangan yang menggunakan semua metode pengumpulan data original. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari lembaga pengumpul data dan dipublikasikan kepada masyarakat pengguna data (Indriantoto&supomo 2002 : 146)
Personal selling merupakan salah satu kegiatan promosi, komunikasi yang tidak lain merupakan bagian dari pemasaran dan bertujuan untuk melayani dalam upaya menciptakan pasar baru dan perputaran modal. Ciri utama dari personal selling adalah interaksi langsung antara UMKM atau produsen tenun Troso jepara dengan calon atau konsumen, hadir langsung dan mengetahui tentang kelebihan dan karakteristik produsk yang dipasarkan ke calaon atau konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nurul Komariyari,S.E.,M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Personal selling, Media Sosial Facebok |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 07:12 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 07:12 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3030 |