Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI PERSONAL SELLING MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Deskriptif Kualitatif UMKM Tenun Troso Jepara)

NOOR ALFIYATUR ROKHMANIYAH, 131110001184 (2018) IMPLEMENTASI PERSONAL SELLING MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Deskriptif Kualitatif UMKM Tenun Troso Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 131110001184_COVER.pdf]
Preview
Text
131110001184_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 131110001184_BAB I.pdf]
Preview
Text
131110001184_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 131110001184_BAB II.pdf]
Preview
Text
131110001184_BAB II.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 131110001184_BAB III.pdf]
Preview
Text
131110001184_BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 131110001184_BAB IV.pdf]
Preview
Text
131110001184_BAB IV.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 131110001184_BAB V.pdf]
Preview
Text
131110001184_BAB V.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[thumbnail of 131110001184_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131110001184_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (975kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini penggunaan internet merupakan suatu kebutuhan bagi sebagian orang. Internet menjadi salah satu alterntif dan bentuk pemanfaatan teknologi yang ada. Teknologi yang dapat mendukung kegiatan usaha seperti meningkatkan relasi atau hubungan dengan calon dan atau konsumen, pelanggan dan tentu saja sedikit mengurangi biaya operasional. Dalam era globalisasi saat ini e-commerce berkembang dengan pesat semakin banyaknya bisnis online yang ada. Di jepara sendiri ada warisan budaya Tenun Troso Jepara yang harus dilestarikan keberadaannnya dengan cara memproduksi kain kemudian menjualnya dengan berbagai macam bentuk produk yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk menjadi barang yang mempunyai daya tarik tinggi seperti baju, tas, gelang, syal, ikat kepala, sajadah sepatu, dll.
Populasi dalam penelitian adalah UMKM Tenun Troso yang melakukan personal selling melalui media sosial facebook. Teknik dalam menentukan sampel yang akan diteliti adalah menggunakan metode sensus, yaitu beberapa UMKM atau produsen tenun Troso yang melakukan personal selling melalui facebook. Maka penelitian ini diperlukan jumlah Informan sebesar 7 informan untuk diteliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Sugiono (2008:15) metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian berlandaskan pada filsafat alamiah dimana peneliti adalah instrument kunci, pengambilan sampel dan sumber data yang dilakukan secara purposive, teknik pengumpulan triangulasi, analisis data yang bersifat kualitatif, dan hasil penelitian ini lebih menekankan makna daripada generalisasi. Penelitian deskrptif menurut Singarimbun (1984:4), penelitian deskriptif dimaksudkan untuk mengukur fenomena sosial tertentu, misal perceraian, pengangguran, keadaan gizi dan lain-lain. Penelitian deskriptif mempunyai dua tujuan yaitu : untuk mengetahui perkembangan fisik tertentu dan mendeskripsikan secara rinci fenomena sosial tertentu. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dengan survey lapangan yang menggunakan semua metode pengumpulan data original. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari lembaga pengumpul data dan dipublikasikan kepada masyarakat pengguna data (Indriantoto&supomo 2002 : 146)
Personal selling merupakan salah satu kegiatan promosi, komunikasi yang tidak lain merupakan bagian dari pemasaran dan bertujuan untuk melayani dalam upaya menciptakan pasar baru dan perputaran modal. Ciri utama dari personal selling adalah interaksi langsung antara UMKM atau produsen tenun Troso jepara dengan calon atau konsumen, hadir langsung dan mengetahui tentang kelebihan dan karakteristik produsk yang dipasarkan ke calaon atau konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Komariyari,S.E.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Personal selling, Media Sosial Facebok
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.82 Promosi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:12
Last Modified: 07 Apr 2022 07:12
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item
View Item