Search for collections on Publications

PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Buku Pembelajaran Tematik Terpadu Karya Abdul Majid)

LAILI SURNIA NINGSIH, 141310003044 (2018) PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Buku Pembelajaran Tematik Terpadu Karya Abdul Majid). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 141310003044_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003044_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 141310003044_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003044_BAB I.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 141310003044_BAB II.pdf]
Preview
Text
141310003044_BAB II.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 141310003044_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003044_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 141310003044_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003044_BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 141310003044_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003044_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 141310003044_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003044_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: yang pertama bagaimana konsep pembelajaran tematik menurut Abdul Majid dalam buku pembelajaran tematik terpadu, yang kedua bagaimana implementasi pembelajaran tematik dalam perspektif pendidikan Islam menurut Abdul Majid dalam buku pembelajaran tematik terpadu, yang ketiga bagaimana relevansi pembelajaran tematik menurut Abdul Majid dengan perspektif pendidikan Islam sekarang dalam buku pembelajaran tematik terpadu.
Skripsi ini membahas tentang pembelajaran tematik dalam perspektif pendidikan Islam, dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dimana penulis menggunakan metode diskriptif kualitatif. Yang mana sumber-sumber data yang didapat dari buku-buku, tulisan-tulisan dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk menggambarkan tentang pembelajaran tematik yang sedang booming di kalangan masyarakat secara luas dan mendalam. Untuk itu penulis menggunakan pendekatan diskriptif kepustakaan (library research)dengan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan skripsi ini. Data deskriptif sering dianalisis menurut isinya dan karena itu analisis ini juga disebut analisis isi (content analysis).
Berdasarkan analisis dari buku pembelajaran tematik terpadu karya Abdul Majid adalah pembelajaran tematik dengan mengangkat tema-tema yang dekat dengan kehidupan siswa dan lingkungannya akan memberikan makna bagi siswa karena memenuhi kebutuhan, menarik minat dan bakat siswa sehingga membantu dalam menyelesaikan pekerjaan seta menyajikan tentang pembelajaran tematik terpadu mulai dari konsep dasar teori sampai aplikasi pengembangannya dengan merujuk pada pedoman pembelajaran tematik terpadu. Implementasi pembelajaran tematik di sekolah-sekolah pada saat ini merupakan tema yang menarik untuk dicermati. Penelitian ini untuk mengetahui gambaran bagaimana pembelajaran tematik perspektif pendidikan Islam dalam buku pembelajaran tematik terpadu karya Abdul Majid. Namun pembelajaran tematik ini tidak biasa dispesifikasikan dengan satu mata pelajaran yang dapat berdiri sendiri, melainkan beberapa materi pelajaran yang dipadukan dalam satu tema. Untuk itu yang dimaksud dengan pembelajaran tematik perspektif pendidikan Islam adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran di mana tema yang diambil ada hubungannya dengan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Konsep, Implementasi, Dan Relevansi Pembelajaran Tematik Dalam Pendidikan Islam.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:38
Last Modified: 07 Apr 2022 06:38
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3014

Actions (login required)

View Item
View Item