NUR FAIZATUL UMMAH, 161420000073 (2020) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MARKETING FUNDING (ROWASIA COLLECTOR) KSPPS BERKAH ABADI GEMILANG. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 161420000073_COVER.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
2. 161420000073_BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. 161420000073_BAB II.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
4. 161420000073_BAB III.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
5. 161420000073_BAB IV.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
6. 161420000073_BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. 161420000073_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. 161420000073_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Rowasia Collector merupakan sebuah aplikasi Collector atau Account Officer yang berbasis smartphone android, untuk memudahkan marketing funding dalam melakukan pencatatan transaksi setor tunai, pembukaan rekening anggota baru dan memberikan informasi data anggota baru dimanapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem informasi marketing funding (rowasia collector), peningkatan pelayanan serta peningkatan funding sebelum dan sesudah menggunakan sistem aplikasi rowasia collector di KSPPS Berkah Abadi Gemilang. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengupulan data menggunakan wawancara dan observasi langsung terhadap pihak KSPPS Berkah Abadi Gemilang. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dalam melakukan transaksi di Lapangan marketing KSPPS Berkah Abadi Gemilang tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi dilakukan secara digital. Transaksi yang dapat dilakukan marketing di Lapangan berupa setor tunai, pembukaan rekening anggota baru dan memberikan informasi data anggota berupa identitas anggota, saldo akhir anggota serta total tagihan ketika anggota mempunyai pembiayaan. Adanya peningkatan pelayanan sebelum dan sesudah menggunakan sistem aplikasi rowasia collector. Peningkatan pelayanan sebelum dan sesudah menggunakan sistem aplikasi rowasia colletor yaitu pertama, waktu yang digunakan dalam transaksi. Kedua, jumlah anggota yang dilayani per hari. Ketiga, kemudahan dalam bertransaksi. Keempat, kelengkapan slip bukti transaksi. Kelima, keakuratan data. Keenam, keamanan dalam melakukan transaksi. Dan terakhir, menumbuhkan kepercayaan anggota KSPPS Berkah Abadi Gemilang. Pendapatan jumlah funding sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan rowasia collector menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat. Dibuktikan dengan data pendapatan jumlah funding sebelum menggunakan sistem rowasia collector pada tahun 2017 dengan jumlah anggota 7.404 orang mendapatkan perolehan funding sebesar Rp 10.454.676.236 dan rata-rata tabungan per anggota sebesar Rp 1.412.000, sedangkan pada tahun pertama menggunakan sistem aplikasi Rowasia Collector di tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan jumlah anggota 10.198 mampu memperoleh funding sebesar Rp 23.571.969.379 dan rata-rata tabungan per anggota sebesar Rp 2.311.430.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Faiqul Hazmi, S.E.I., M.E.Sy. Pembimbing II : Ahmad Fauzan Mubarok, S.E., M.Sy. |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Funding, Rowasia Collector, KSPPS Berkah Abadi Gemilang |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android) 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.81 Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 06:57 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 06:57 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/296 |